ZPT Terbaik Untuk Cabe

ZPT Terbaik Untuk Cabe

ZPT Terbaik Untuk Cabe – Pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe merupakan hal sangat penting bagi petani. Dalam hal ini, ZPT atau Zat Pengatur Tumbuh memegang peranan penting dalam mencapai pertumbuhan cabe yang optimal. Meski terkadang disamakan dengan pupuk, ZPT memiliki peran unik karena tidak memberikan tambahan unsur hara. Artikel ini akan membahas perbedaan antara ZPT buatan dan ZPT alami serta merinci pentingnya aplikasi ZPT dalam tanaman cabe.

Baca Juga : Urutan Pemupukan Kelapa Sawit

Jenis ZPT

ZPT dibagi menjadi dua jenis utama yaitu buatan dan alami (hormon). ZPT alami dihasilkan dari dalam tumbuhan itu sendiri, sementara ZPT buatan berasal dari rekayasa sintesis berdasarkan teknologi pertanian. Penting bagi petani untuk memahami perbedaan ini sebelum mengaplikasikan ZPT pada tanaman cabe mereka.

Ketika menggunakan ZPT, petani perlu memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan hasil optimal. Pengairan dan pemupukan rutin tetap diperlukan untuk memastikan kebutuhan hara tanaman terpenuhi dan laju pertumbuhan cabe tetap terimbangi. Aplikasi ZPT sebaiknya dilakukan saat kondisi tanaman sehat dan dalam pertumbuhan maksimal. Penting juga untuk memberikan dosis ZPT yang tepat, karena dosis berlebih dapat berdampak negatif pada tanaman.

Baca Juga : Pupuk MKP Untuk Jambu Air Citra

Merk ZPT Terbaik untuk Cabe

Penting bagi petani untuk memilih merk ZPT yang berkualitas untuk tanaman cabe mereka. Berikut beberapa rekomendasi merk ZPT unggulan yang dapat menjadi pilihan:

1. Atonik 6.5 L

Atonik 6.5 L merupakan ZPT berkualitas unggulan dengan formulasinya yang mengandung natrium 5-nitroguaiakol, natrium 2-4 dinitrofenol, natrium para-nitrofenol, dan natrium orto-nitrofenol. Produk ini sudah terdaftar di Kementan RI dengan nomor pendaftaran RI. 01040120114108.

Baca Juga : Jarak Pemberian Dolomit Dengan Pupuk Lain

2. Dekamon 22,43 L

Dekamon 22,43 L juga merupakan pilihan ZPT unggulan dengan formulasinya yang mengandung natrium 2,4 dinitrofenol, natrium para nitrofenol, natrium orto nitrofenol, dan natrium 5 nitroguaiakol. Produk ini sudah terdaftar di Kementan RI dengan nomor pendaftaran RI. 0104011982532.

3. Gibgro 10 SP

Gibgro 10 SP hadir dalam bentuk butiran tepung dengan bahan aktif asam giberelat (giberelic acid) 10%. Produk ini merupakan hasil produksi dari PT Nufarm dan sudah terdaftar di Kementan RI dengan nomor pendaftaran RI. 01040120042264.

Baca Juga : Dolomit Untuk Kocor Cabe

4. Jimmy Hantu

Jimmy Hantu adalah ZPT dengan formulasinya berupa pekatan suspensi berwarna putih susu kelabu, mengandung hormon organik seperti kinetin, zeatin, sitokinin, giberellin, dan auksin. Produk ini sudah terdaftar di Kementan RI dengan nomor pendaftaran 03.02.2017.051.

5. Super Gib GA3 Tablet

Super Gib GA3 Tablet hadir dalam bentuk padatan/tablet yang larut dengan air, mengandung gibberelic acid (GA3) sebanyak 20%. Produk ini diproduksi oleh CV Sarana Agrotama Persada dan sudah terdaftar di Kementan RI.

Baca Juga : Perbedaan Pupuk Ultradap dan MKP

6. Cepha 480 SL

Cepha 480 SL berbentuk larutan dalam air dengan bahan aktif utama etefon sebanyak 480 g/l. Produk ini merupakan hasil produksi dari PT Indagro dan sudah terdaftar di Kementan RI dengan nomor pendaftaran RI. 0104011978326.

7. Green Plant

Green Plant hadir dalam bentuk larutan dengan berbagai kandungan seperti unsur Mg, Zn, Cu, Fe, Mn, dan lainnya. Produk ini diproduksi oleh PT Organik Timur Raya dan sudah terdaftar secara resmi di Kementan RI.

Baca Juga : Cara Menggunakan Gibgro Untuk Padi

Kesimpulan

Pemilihan ZPT yang tepat merupakan kunci sukses dalam menanam cabe. Dengan memahami perbedaan antara ZPT buatan dan alami, serta memilih merk ZPT berkualitas, petani cabe dapat memastikan pertumbuhan tanaman yang optimal. Penggunaan ZPT yang sesuai dengan kondisi tanaman dan dosis yang tepat akan membawa manfaat positif bagi hasil panen petani. Dengan pilihan ZPT yang tepat, petani cabe dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman mereka.

Baca Juga : Perbedaan Pupuk MKP dan Gandasil B

Demikianlah informasi mengenai ZPT Terbaik Untuk Cabe. Semoga Informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Pupuk KCL Untuk Tanaman Cabe

Pupuk KCL Untuk Tanaman Cabe

Pupuk KCL Untuk Tanaman Cabe - Tanaman cabai atau Capsicum annum adalah pilihan populer dalam dunia hortikultura, berperan penting dalam industri makanan. Pentingnya nutrisi bagi pertumbuhan cabai membuat klorida kalium (KCL) menjadi unsur kunci dalam budidaya cabai.