Tanaman Yang Cocok di Tanah Tandus

Tanaman Yang Cocok di Tanah Tandus

Tanaman Yang Cocok di Tanah Tandus – Tanah memiliki peran penting sebagai medium tempat tanaman hidup dan berkembang. Meskipun tanah hanya berperan sebagai media, namun tanaman membutuhkan nutrisi dan air agar dapat tumbuh dengan optimal.

Air adalah kebutuhan primer bagi tanaman. Bahkan pada tanah yang sangat subur sekalipun, tanaman tidak akan mampu tumbuh secara normal tanpa pasokan air yang memadai.

Dalam konteks pertanian, hampir tidak ada tanaman budidaya yang dapat tumbuh subur dan menghasilkan tanpa keberadaan air yang cukup.

Baca Juga : Bolehkah Fungisida Dicampur Pupuk Daun

Meskipun ada beberapa jenis tanaman budidaya yang dapat bertahan dan menghasilkan di musim kemarau atau di tanah yang kurang subur, pertumbuhan dan produksinya tetap tidak optimal.

Jadi, apakah mungkin ada yang mengklaim bahwa mentimun, terung, labu, kacang panjang, jagung, umbi-umbian, kedelai, dan tanaman sejenisnya tidak memerlukan air dan dapat tumbuh subur dalam kondisi kekeringan?

Baca Juga : Jarak Tanam Cabe Rawit Tanpa Mulsa

Jenis-jenis Tanaman yang Di Isukan Cocook di Tanah Tandus dan Kering

Berikut adalah beberapa jenis tanaman budidaya yang cocok untuk tumbuh di tanah kering dan tandus tanpa membutuhkan banyak air.

Mentimun

Mentimun diketahui sebagai salah satu jenis tanaman budidaya yang mampu tumbuh dengan subur di tanah yang kering dan tandus. Meskipun mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, tanaman ini sebenarnya dapat hidup dengan sedikit air.

Namun, sebenarnya mentimun merupakan tanaman yang membutuhkan jumlah air yang cukup. Tanaman ini tidak akan tumbuh dengan baik jika kekurangan air, terutama di tanah yang kering dan tandus. Kekurangan air dapat menghambat pertumbuhan, menyebabkan kerontokan bunga dan buah mentimun, serta menghasilkan buah yang tidak sempurna dan produksi yang rendah.

Baca Juga : Jenis Tanaman Mengandung Sumber Fosfor Organik

Untuk mencapai pertumbuhan optimal, tanaman mentimun sebaiknya ditanam di kondisi panas dan terkena sinar matahari penuh. Selain itu, disiram secara teratur pada musim kering akan membantu menjaga kelembapan yang dibutuhkan oleh tanaman ini.

Terong

Terong, seperti mentimun, dikatakan tidak membutuhkan banyak air. Mungkin yang dimaksud adalah terong mampu bertahan dalam kondisi kekeringan, asalkan tidak ada genangan air yang berlebihan yang bisa merendam akar tanaman.

Baca Juga : Pupuk Kocor Untuk Tanaman Cabe

Namun, sebenarnya terong juga merupakan tanaman yang membutuhkan jumlah air yang cukup. Tanaman ini tidak akan tumbuh dengan baik jika kekurangan air, terutama di tanah yang kering dan tandus. Kekurangan air dapat menghambat pertumbuhan, menyebabkan kerontokan bunga dan buah terong, serta menghasilkan buah yang tidak sempurna dan produksi yang rendah.

Untuk mendukung pertumbuhan terong yang subur, tanah perlu diberi kelembapan yang cukup. Meskipun terong dapat bertahan dalam kondisi kekeringan, penyiraman yang teratur tetap diperlukan untuk menjaga kebutuhan air tanaman ini.

Baca Juga : Bunga Yang Laris di Pasaran

Labu

Meskipun tanaman labu lebih menyukai lingkungan yang panas dan terkena sinar matahari secara optimal, itu tidak berarti bahwa tanaman labu tidak membutuhkan air.
Tanaman labu dapat tumbuh dengan subur di tanah kering dan tandus jika mendapatkan pasokan air dan nutrisi yang cukup.

Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan salah satu tanaman sayuran yang tahan terhadap kondisi kekeringan dan tidak mudah layu saat musim kemarau. Itu adalah fakta yang benar.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kacang panjang adalah tanaman yang menghasilkan buah sebagai sayuran. Pembentukan buah dimulai dari bunga yang kemudian berkembang menjadi buah.

Sayangnya, bunga kacang panjang rentan gugur ketika menghadapi kekeringan. Jadi, bagaimana mungkin tanaman ini dapat menghasilkan buah tanpa pasokan air yang memadai?

Baca Juga : Budidaya Padi Sertani

Jagung

Tanaman jagung akan tetap menghasilkan buah pada waktu yang tepat dan dapat dipanen sesuai dengan umurnya, terlepas dari perawatan yang diberikan. Beberapa orang berpendapat bahwa jagung cocok ditanam pada musim kering karena kebutuhannya terhadap air tidak terlalu besar.

Nah, jika Anda ingin membuktikannya, silakan menanam jagung pada musim kemarau tanpa menyiraminya. Apakah tanaman tersebut akan tumbuh normal atau tidak? Apakah buahnya akan besar? Dan apakah panen maksimal dapat dicapai?

Baca Juga : Varietas Padi IR 64

Tanaman Umbi-Umbian

Ada pepatah yang mengatakan, “batang singkong dilempar saja bisa berbuah.” Pepatah ini mencerminkan kesederhanaan tanaman umbi-umbian seperti singkong, keladi, atau ubi jalar yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak perhatian. Tanaman umbi-umbian ini dapat tumbuh dengan baik bahkan di tanah kering atau tandus.

Meskipun tanaman ini tahan terhadap kekeringan, untuk mencapai hasil yang optimal dan kualitas yang baik, tetap diperlukan suplai air yang cukup dan nutrisi yang memadai.

Baca Juga : Padi Wangi atau Padi Pandan Wangi Indonesia

Kedelai

Kedelai memang dikenal sebagai tanaman yang tahan kekeringan. Tanaman ini tidak mudah layu meskipun ditanam di tanah yang kering dan tidak disiram. Namun, saat menanam kedelai di musim kering, perlu memberikan penyiraman yang cukup agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang maksimal.

Bahkan di tanah tandus dan kering, tanaman budidaya seperti sayuran, tanaman buah, dan tanaman pangan lainnya masih dapat tumbuh dan berbuah dengan sempurna asalkan mendapatkan nutrisi yang cukup dan kebutuhan air yang terpenuhi.

Baca Juga : Varietas Padi Tahan Rebah

Namun, perlu diingat bahwa tanaman tersebut memerlukan perawatan ekstra. Diperlukan pemberian pupuk organik dengan dosis yang lebih tinggi dari biasanya serta penyiraman yang lebih sering untuk menjaga kondisi tanaman.

Adapun pernyataan bahwa tanaman mentimun tidak membutuhkan air meskipun memiliki kadar air yang tinggi dalam buahnya adalah informasi yang keliru. Air tetap diperlukan oleh tanaman mentimun dan diserap melalui akarnya dari tanah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari teknik bercocok tanam dengan baik agar informasi yang disampaikan dapat akurat dan tidak menyesatkan.

Baca Juga : Padi Ketan Grendel

Demikianlah informasi mengenai Tanaman Yang Cocok di Tanah Tandus. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam berkebun.

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Merupakan Faktor Yang Menyebabkan Munculnya Wilayah Slum Kecuali

Berikut Ini Merupakan Faktor Yang Menyebabkan Munculnya Wilayah Slum Kecuali

Ayomenanam - Berikut ini merupakan faktor yang menyebabkan munculnya wilayah slum kecuali a. penduduk berpenghasilan rendah b. kondisi rumah tidak memenuhi syarat c. tingkat kriminalitas tinggi d. tidak terjangkau oleh pelayanan kota e. emosi penduduk yang stabil​ Jawaban dari pertanyaan di atas adalah e. emosi penduduk yang stabil​