Tanaman Mangga Dikembangbiakan Secara Vegetatif Buatan Dengan Cara

Tanaman Mangga Dikembangbiakan Secara Vegetatif Buatan Dengan Cara

Tanaman Mangga Dikembangbiakan Secara Vegetatif Buatan Dengan Cara – Mangga merupakan buah tropis yang memikat hati masyarakat dunia. Buah Mangga memiliki asal-usul dari India dan telah menyebar ke berbagai wilayah di Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Indonesia.

Baca Juga : Tanaman Yang Diberi Pupuk Urea Sangat Pekat Akan Menjadi

Karakteristik Tanaman Mangga

Berdasarkan penelitian tentang Mangga, tanaman mangga berasal dari famili Anarcadiaceae, genus Mangifera, species Mangifera indica. Pohon mangga, yang tingginya dapat mencapai lebih dari 5 meter, tergolong dalam kategori arboreus. Tinggi total tanaman bisa mencapai 10-40 meter. Ciri khasnya adalah batang yang tegak, bercabang banyak, dan daun yang lebat berwarna hijau.

Perkembangan Generatif dan Vegetatif Buatan

Tanaman mangga memiliki dua cara berkembang biak, yaitu generatif dan vegetatif buatan. Pemahaman akan kedua metode ini menjadi penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan hasil panen.

Baca Juga : Tanaman Yang Menyembuhkan Syaraf Kejepit

Perkembangan Generatif

Menurut beberapa sumber, terdapat sekitar 40 jenis spesies mangga di dunia. Secara umum, spesies ini berkembang biak secara generatif, melibatkan perbanyakan tanaman melalui biji hasil perkawinan atau penyerbukan. Metode ini dianggap unggul karena mampu menghasilkan sejumlah besar tanaman baru.

Keunggulan Pembibitan Generatif

Pembibitan generatif memiliki keberhasilan tinggi, dapat mencapai 90%. Keuntungan lainnya adalah kemampuannya menghasilkan tanaman dengan cepat dan biaya yang relatif rendah. Pada perbanyakan generatif, biji poliembrional sering digunakan karena dapat menghasilkan tanaman baru dengan sifat yang identik dengan pohon induknya. Dari satu biji mangga poliembrional, dapat dihasilkan 3-8 bibit tanaman.

Baca Juga :  30 Jenis Tanaman Apotik Hidup

Keterbatasan Biji Monoembrional

Biji yang bersifat monoembrional tidak disarankan karena tanaman yang tumbuh dari biji ini cenderung lambat berbuah. Kualitasnya juga tidak dapat dijamin sebanding dengan pohon induknya. Selain itu, tanaman dari biji monoembrional memerlukan waktu lama untuk memberikan hasil yang optimal.

Perkembangan Vegetatif Buatan

Selain generatif, mangga juga dapat dibudidayakan melalui cara vegetatif buatan. Tanaman Mangga Dikembangbiakan Secara Vegetatif Buatan Dengan Cara setek dan cangkok. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Baca Juga : Cara Menanam Pepaya Agar Tidak Jantan

Kelebihan dan Kelemahan Vegetatif Buatan

Kelebihan vegetatif buatan melibatkan tanaman yang memiliki sifat serupa dengan induknya, cepat berbunga, dan berbuah meskipun pohonnya masih pendek. Cara ini juga memungkinkan pertumbuhan subur di tempat dengan permukaan air tanah yang dangkal.

Namun, kelemahannya adalah sifat buruk dari pohon induk dapat diturunkan, tingkat kekuatan akar rendah sehingga rawan roboh, dan masa tahan yang terbatas jika air terbatas. Pembibit juga mungkin kesulitan memperoleh tanaman baru dalam jumlah besar dari satu pohon induk sekaligus.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tanaman Terkena Racun Rumput

Perkembangan Setek

Cara vegetatif buatan dengan setek tergolong mudah dan ekonomis. Proses ini melibatkan pemotongan cabang, ranting, atau bagian batang dengan ukuran tertentu, lalu menanam potongan tersebut untuk mendapatkan tanaman baru.

Perkembangan Cangkok

Metode cangkok memerlukan pencarian cabang tanaman mangga yang sehat dan kuat. Kemudian, pembibit mengupas kulit cabang hingga terlihat kambiumnya. Teknik ini dapat dilakukan selama musim hujan, mengurangi kebutuhan penyiraman harian. Pada musim kemarau, penyiraman harian diperlukan agar media perakarannya tetap lembab.

Baca Juga : Cara Menyuburkan Tanah Dengan EM4

Berkembang biaknya tanaman mangga melalui metode generatif dan vegetatif buatan membuka peluang besar bagi para petani dan penghobi tanaman. Dengan pemahaman yang baik tentang kedua proses ini, kita dapat meningkatkan produksi dan kualitas tanaman mangga, memberikan manfaat ekonomi dan estetika yang berkelanjutan.

Demikianlah informasi mengenai Tanaman Mangga Dikembangbiakan Secara Vegetatif Buatan Dengan Cara. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun - Bahasa Indonesia adalah kekayaan budaya yang memiliki aturan ketat dalam penulisan, termasuk penggunaan partikel yang sering membingungkan, seperti 'dimanapun', 'dimana pun', atau 'di mana pun'. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan seksama aturan penulisan yang benar dan menghilangkan kebingungan seputar kata-kata ini.