Syarat Tumbuh Tanaman Cabe

Syarat Tumbuh Tanaman Cabe

Syarat Tumbuh Tanaman Cabe Bisnis cabai sangatlah menguntungkan dari dulu hingga saat ini. Kommoditas budidaya tanaman kebun ini masih jadi favorite. Sayangnya, keinginan cabai yang stabil tidak selamanya disertai dengan suplai yang stabil.

Budidaya cabai memang mempunyai resiko yang cukup tinggi. Tetapi, resiko ini bisa dikurangkan dengan memerhatikan banyak hal yang terkait dengan budidayanya. Satu diantaranya dengan memerhatikan syarat tumbuh cabai.

Syarat tumbuh ini ditetapkan oleh dua aspek. Pertama, curah hujan dan kelembapan. Kedua, jenis tanah, pH tanah, dan ketinggian tanah. Berikut syarat tumbuh untuk tanaman cabai :

Kondisi Lingkungan

Indonesia mempunyai keadaan yang bagus untuk budidaya cabai karena mempunyai cahaya matahari yang cukup. Tanaman ini dapat tumbuh secara baik dari daratan rendah sampai ketinggian 1400 meter dari permukaan laut. Tetapi, di wilayah daratan tinggi, cabai bisa tumbuh namun produksinya tidak optimal.

Iklim dan Cuaca

Temperatur mempunyai dampak yang besar pada perkembangan tanaman, termasuk tanaman cabai. Temperatur yang bagus untuk tanaman cabai ialah di antara 24-28°C. Pada temperatur tertentu seperti 15°C dan lebih dari 32°C akan menghasilkan cabai yang kurang bagus. Perkembangan cabai akan terganggu bila temperatur harian di tempat budidaya sangat dingin. Cabai saat ini masih bisa tumbuh pada musim kemarau apabila memperoleh pengairan yang cukup. Curahan hujan yang dibutuhkan oleh cabai ialah di antara 800-2000 mm /tahun dengan kelembapan 80%.

Jenis Tanah, pH Tanah, dan Ketinggian Lahan

Pada intinya, cabai menyukai tanah yang lembab dan banyak memiliki unsur hara. Cabai akan tumbuh optimal pada tanah regosol dan andosol. Penambahan bahan organik, seperti pupuk kandang dan kompos, sepanjang pemrosesan tanah atau saat sebelum penanaman bisa membantu membenahi susunan tanah dan mengatasi tanah yang kurang subur atau mungkin kurang unsur hara.

Tempat penanaman yang cukup miring lebih bagus dipilih untuk menghindar kubangan air. Tetapi, tingkat kemiringan tempat jangan lebih dari 25%. Tempat yang terlalu miring bisa mengakibatkan erosi dan hilangnya pupuk karena terbawa oleh air hujan yang mengalir kebawah. Tempat yang terlampau datar harus dibuat dengan saluran pembuangan air.

Kadar keasaman tanah (pH) yang bagus untuk budidaya cabai intensif ialah 6-7. Tanah dengan pH rendah atau asam harus di netralkan lebih dulu dengan menebar kapur pertanian. Sebaliknya, tanah yang terlampau basa atau mempunyai pH yang cukup tinggi bisa di netralkan dengan menebar belerang pada tempat penanaman.

Ketinggian tempat sekarang ini tidak lagi jadi permasalahan untuk budidaya cabai. Pada umumnya, cabai bisa ditanamkan di ketinggian tempat dari 1-2.000 m dpl. Ketinggian tempat memengaruhi jenis hama dan penyakit yang dapat menyerang cabai. Di wilayah daratan tinggi, penyakit umumnya disebabkan karena jamur atau cendawan. Sementara di wilayah daratan rendah, penyakit yang menyerang umumnya disebabkan karena bakteri.”

Waktu Tanam

Musim tanam cabai umumnya ditanam di akhir musim hujan.

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Rawit yang Baik

  • Cabai bisa tumbuh dengan baik pada beragam jenis tanah, khususnya tanah yang mempunyai struktur lempung berpasir dan struktur gembur.
  • Bisa tumbuh di ketinggian daratan rendah sampai daratan tinggi, di antara 0-1000 mtr. dari permukaan laut.
  • Temperatur optimal untuk pertumbuhan cabai ialah 16ºC – 32ºC.
  • Curah hujan optimal untuk cabai ialah 100-200 mm perbulan.
  • Jenis cuaca yang sesuai untuk cabai ialah cuaca A, B, C, dan D menurut Oldeman.

Pengolahan Tanah

  • Lakukan pengolahan tanah dengan dicangkul atau dibajak sampai tanah jadi gembur.
  • Untuk tanah yang susunan atasnya tipis, lakukan pengolahan tanah dengan berhati-hati supaya tidak begitu dalam.
  • Sesudah pengolahan tanah, buatlah bedengan atau guludan.
  • Buat bedengan untuk tanah yang mempunyai drainase yang baik.
  • Cabai tak tahan pada kubangan air, maka guludan untuk penanaman cabai pada musim penghujan harus dibuat sedikit tinggi.

Nah, itulah Syarat Tumbuh Tanaman Cabe. Semoga informasi ini bermanfaat

About Ayomenanam

Check Also

Batang Tanaman Beringin Dapat Membesar Karena Memiliki

Batang Tanaman Beringin Dapat Membesar Karena Memiliki

Ayomenanam - Batang Tanaman Beringin Dapat Membesar Karena Memiliki a. korteks b. xilem c. kambium d. floem Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. kambium