Racun Rumput Yang Tidak Mematikan Padi

Racun Rumput Yang Tidak Mematikan Padi

Racun Rumput Yang Tidak Mematikan Padi – Rumput merupakan salah satu masalah umum di lahan pertanian padi. Jika dibiarkan tumbuh, maka Gulma rumput dapat menjadi ancaman serius bagi tanaman padi dan hasil panennya. Banyak petani yang menggunakan racun rumput untuk mengatasi masalah ini. Namun, pemilihan racun rumput yang tepat sangat penting untuk memastikan tanaman padi tetap sehat dan produktif. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai Racun Rumput Yang Tidak Mematikan Padi, dan memberikan informasi tentang dosis yang tepat untuk penggunaan yang efektif.

Baca Juga : Bahan Aktif Karbofuran

Mengapa Anda Perlu Racun Rumput yang Tepat

Sebelum kita masuk ke daftar Racun rumput yang tidak mematikan padi, mari kita pahami mengapa penggunaan racun rumput yang tepat begitu penting. Gulma rumput dapat bersaing dengan tanaman padi untuk mendapatkan nutrisi, air, dan cahaya matahari. Jika tidak dikendalikan, gulma rumput dapat menghambat pertumbuhan tanaman padi, mengurangi hasil panen, dan bahkan merusak tanaman padi itu sendiri.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua racun rumput cocok untuk tanaman padi. Beberapa racun rumput dapat merusak tanaman padi jika digunakan dalam dosis yang berlebihan atau tanpa perhatian yang tepat. Oleh karena itu, pemilihan racun rumput yang tepat dan penggunaannya sesuai dengan dosis yang disarankan sangat penting untuk menjaga kesehatan tanaman padi Anda.

Baca Juga : Dosis DMA 6 Per Tangki

Daftar Racun Rumput Yang Tidak Mematikan Padi

Berikut adalah daftar Racun rumput yang tidak mematikan padi dan  aman untuk digunakan di lahan pertanian padi, disertai dengan informasi tentang dosis penggunaan yang tepat:

Ricestar Xtra 89 OD

Ricestar Xtra 89 OD adalah produk yang sangat terkenal di kalangan petani Indonesia. Produk ini terdaftar di Kementerian Pertanian dan termasuk dalam kategori racun rumput sistemik. Dalam satu botol Ricestar Xtra 89 OD, terdapat campuran bahan aktif etoksisulfuron sebanyak 20 g/l dan fenoksaprop-p-etil sebanyak 69 g/l. Penggunaan racun rumput ini dengan dosis yang benar tidak akan membahayakan tanaman padi. Dosis penggunaan tercantum pada kemasan produk. Ricestar Xtra 89 OD tersedia dalam dua kemasan, yaitu 100 ml dan 250 ml, dengan harga mulai dari Rp55.000 per botol.

Baca Juga : Keunggulan Herbisida Clincher 100 EC

Topshot 60 OD

Topshot 60 OD diproduksi oleh PT. Dow AgroSciences Indonesia dan mengandung bahan aktif Penoksulam sebanyak 10 g/l dan Butil Sihalofop sebanyak 50 g/l. Produk ini juga telah terdaftar di Kementerian Pertanian dan bentuknya adalah larutan dalam minyak berwarna putih pekat yang dapat larut bersama air. Dengan dosis yang tepat, Topshot 60 OD dapat membantu mengendalikan pertumbuhan gulma rumput tanpa merusak tanaman padi. Dosis penggunaan terdapat pada label kemasan, dan produk ini tersedia dalam dua kemasan, yaitu 250 ml dan 500 ml, dengan harga mulai dari Rp95.000 per botol.

Baca Juga : Dosis Herbisida Topshot Per Tangki

Starmin 865 SL

Starmin 865 SL diproduksi oleh PT. Petrokimia Kayaku dan mengandung bahan aktif 2,4-D dimetil amina sebanyak 865 g/l. Produk ini terdaftar di Kementerian Pertanian dan berbentuk larutan dalam air berwarna coklat tua. Penggunaan Starmin 865 SL sesuai dengan dosis yang dianjurkan dapat membantu mengatasi gulma rumput di lahan pertanian padi tanpa merusak tanaman padi. Dosis penggunaan tercantum pada label kemasan, dan produk ini tersedia dalam tiga kemasan, yaitu 200 ml, 400 ml, dan 1000 ml, dengan harga mulai dari Rp25.000 per botol.

Benfuron 12/18 WP

Benfuron 12/18 WP diproduksi oleh PT. Multi Sarana Indotani dengan merek dagang Cap Kapal Terbang. Produk ini telah terdaftar di Kementerian Pertanian dan mengandung bahan aktif sodium bispiribak sebanyak 18% dan bensulfuron sebanyak 12%. Produk ini berbentuk tepung yang dapat disuspensikan bersama air. Dengan dosis yang tepat, Benfuron 12/18 WP dapat membantu membasmi gulma rumput tanpa membahayakan tanaman padi. Aturan penggunaan tercantum pada kemasan produk, dan produk ini tersedia dalam tiga kemasan, yaitu 5 gr, 25 gr, dan 100 gr, dengan harga mulai dari Rp40.000 per kemasan.

Baca Juga : Dosis Belt Bayer Per Tangki

Lindomin 865 SL

Lindomin 865 SL adalah salah satu produk dari PT. Nufarm Indonesia yang telah terdaftar di Kementerian Pertanian. Produk ini mengandung bahan aktif 2,4-D dimetil amina sebanyak 865 g/l dan berbentuk larutan dalam air berwarna coklat tua. Lindomin 865 SL termasuk dalam kategori herbisida sistemik. Dengan dosis yang benar, Lindomin 865 SL dapat digunakan untuk membasmi gulma rumput di lahan pertanian padi tanpa merusak tanaman padi. Aturan dosis penggunaan tercantum pada label kemasan, dan produk ini tersedia dalam tiga kemasan, yaitu 200 ml, 400 ml, dan 1000 ml, dengan harga mulai dari Rp33.000 per botol.

Tabas 400 SC

Tabas 400 SC diproduksi oleh PT. Deltargro Mulia Sejati dan telah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai herbisida unggulan. Produk ini mengandung bahan aktif natrium bispiribak sebanyak 400 g/l. Obat rumput ini berbentuk cairan pekat suspensi yang dapat larut bersama air. Dengan dosis yang tepat, Tabas 400 SC dapat digunakan untuk membasmi gulma rumput tanpa membahayakan tanaman padi. Aturan dosis penggunaan terdapat pada label kemasan, dan produk ini tersedia dalam empat kemasan, yaitu 50 ml, 100 ml, 200 ml, dan 400 ml, dengan harga mulai dari Rp58.000 per kemasan.

Baca Juga : Dosis Herbisida Nominee Per Tangki

Ally Plus 77 WP

Ally Plus 77 WP diproduksi oleh PT. Dupont Agricultural Products Indonesia dan telah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai salah satu produk pembasmi rumput di lahan pertanian. Produk ini mengandung bahan aktif etil klorimuron sebanyak 0.1%, metil metsulfuron sebanyak 0.7%, dan 2.4D garam natrium sebanyak 75%. Produk ini berbentuk serbuk berwarna putih yang dapat larut bersama air. Dengan dosis yang benar, Ally Plus 77 WP dapat digunakan sebagai pengendali rumput pra dan purna tumbuh tanpa membahayakan tanaman padi. Aturan dosis penggunaan tercantum pada label kemasan, dan produk ini tersedia dalam kemasan 40 gr, dengan harga mulai dari Rp12.000 per kemasan.

Loyant 25 EC

Loyant 25 EC diproduksi oleh Corteva Agriscience dan telah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai obat pengendali gulma rumput. Produk ini mengandung bahan aktif florpirauksifen-benzil sebanyak 25 g/l. Produk ini berbentuk cairan pekat yang dapat diemulsikan dengan air. Dengan dosis yang tepat, Loyant 25 EC dapat digunakan untuk mengatasi serangan gulma rumput pada lahan tanaman padi. Aturan dosis penggunaan tercantum pada label kemasan, dan produk ini tersedia dalam kemasan 500 ml, dengan harga mulai dari Rp395.000 per kemasan.

Baca Juga : Keunggulan Herbisida Topshot 60 OD

Kesimpulan

Demikianlah daftar Racun rumput yang tidak mematikan padi. Penting untuk mengikuti dosis yang dianjurkan untuk masing-masing produk agar tidak merusak tanaman padi. Penggunaan dosis yang kurang akan mengurangi efektivitas dalam mengendalikan gulma rumput, sementara penggunaan dosis yang berlebihan dapat merusak tanaman padi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para petani yang ingin mengatasi masalah gulma rumput di lahan pertanian padi mereka.

About Ayomenanam

Check Also

Keunggulan Herbisida Clipper

Keunggulan Herbisida Clipper

Keunggulan Herbisida Clipper - Herbisida Clipper 25 OD adalah salah satu pestisida yang dapat menjadi solusi dalam membantu petani mengatasi masalah gulma pada pertanaman padi. Dengan formula cairan pembasmi gulma sistemik purna tumbuh, Clipper hadir sebagai solusi efektif dengan berbagai keunggulan.