Peradaban Hindu Dengan Mudah Diterima Oleh Masyarakat Indonesia Karena

Peradaban Hindu Dengan Mudah Diterima Oleh Masyarakat Indonesia Karena

Ayomenanam – Peradaban hindu dengan mudah diterima oleh masyarakat indonesia karena

  • a. adanya persamaan antara peradaban hindu dengan peradaban indonesia
  • b. telah lama ada hubungan antara india dan indonesia
  • c. dasar-dasar peradaban hindu telah lama dimiliki oleh bangsa indonesia
  • d. masuknya peradaban hindu berlangsung damai
  • e. bangsa indonesia termasuk bangsa yang mudah menerima pengaruh luar

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah a. adanya persamaan antara peradaban hindu dengan peradaban indonesia

Baca Juga : Bagaimana Hubungan Antara Ide Atau Gagasan Dalam Simulasi Digital

Pembahasan

Peradaban Hindu telah memasuki Indonesia pada awal Masehi melalui jalur perdagangan. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh posisi strategis Indonesia dalam jalur pelayaran dan perdagangan dunia. Hubungan dagang membawa dampak positif dan memicu akulturasi budaya yang menarik dari kedua belah pihak.

Bagaimana Agama Hindu Diterima oleh Rakyat Indonesia

Masuknya agama Hindu di Nusantara mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia. Salah satu perubahan signifikan adalah diperkenalkannya sistem pemerintahan baru yang membawa dampak besar pada struktur politik, sosial, dan budaya di Indonesia.

Baca Juga : Akibat Dari Banyak Negara-Negara ASEAN Yang Dilewati Jalur Lipatan Sirkum Pasifik Adalah

Kebudayaan Hindu dengan mudah diterima di Indonesia karena karakter terbuka bangsa ini terhadap pengaruh budaya asing. Selain itu, terdapat kemiripan antara kebudayaan Hindu dan tradisi Indonesia yang sebelumnya didominasi oleh kepercayaan animisme dan dinamisme.

Animisme dan Dinamisme

Sebelum Hindu masuk, masyarakat Indonesia menganut sistem kepercayaan animisme dan dinamisme. Animisme meyakini bahwa setiap benda memiliki roh, sementara dinamisme meyakini adanya kekuatan gaib atau arwah leluhur. Kedua kepercayaan ini membentuk fondasi kebudayaan nenek moyang Indonesia.

Proses Masuknya Kebudayaan Hindu ke Indonesia

Proses hinduisasi membawa pengaruh Hindu dan kebudayaannya ke Nusantara, membentuk akulturasi dalam berbagai aspek kehidupan. Ini mencakup aspek politik, sosial, dan budaya, menciptakan perubahan yang signifikan dalam pola pikir masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Tembung Sasmita Tegese

Contoh jelas akulturasi antara kebudayaan Hindu dan Indonesia terlihat dalam arsitektur bangunan. Sebagai contoh Masjid Agung Kudus yang memiliki bentuk menara mirip candi atau pura. Hal ini mencerminkan harmonisasi unsur-unsur budaya Hindu dalam konteks keagamaan Islam.

Dampak Kebudayaan Hindu dalam Politik dan Birokrasi

Pengaruh Hindu tidak hanya terbatas pada aspek agama, tetapi juga meresap dalam politik dan birokrasi. Munculnya beberapa kerajaan dan struktur birokrasi baru adalah bukti nyata dari dampak positif kebudayaan Hindu dalam perkembangan sistem pemerintahan di Indonesia.

Pengaruh Hindu dan Islam juga tercermin dalam tradisi pemakaman di Indonesia. Pemakaman Islam sering melibatkan pembuatan jirat atau kijing. Namun, untuk orang-orang berpengaruh, didirikan cungkup di atas makam, menciptakan kesamaan dengan konsep bangunan punden berundak era Hindu.

Baca Juga : Mengapa Kita Harus Membandingkan Informasi Yang Terdapat Dalam Teks Anekdot

Kesimpulan

Peradaban Hindu Dengan Mudah Diterima Oleh Masyarakat Indonesia Karena sifat terbuka masyarakat terhadap pengaruh asing dan adanya kemiripan dengan kepercayaan tradisional. Proses akulturasi telah membentuk wajah budaya Indonesia yang kaya, menciptakan kerangka yang menggabungkan harmoni antara keberagaman dan warisan sejarah. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun - Bahasa Indonesia adalah kekayaan budaya yang memiliki aturan ketat dalam penulisan, termasuk penggunaan partikel yang sering membingungkan, seperti 'dimanapun', 'dimana pun', atau 'di mana pun'. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan seksama aturan penulisan yang benar dan menghilangkan kebingungan seputar kata-kata ini.