Penggunaan IPTEK Hendaknya Diarahkan Pada Cita-Cita Negara Indonesia Khususnya

Penggunaan IPTEK Hendaknya Diarahkan Pada Cita-Cita Negara Indonesia Khususnya

Penggunaan IPTEK hendaknya diarahkan pada cita-cita negara indonesia khususnya – Kemajuan teknologi yang berkembang dengan cepat saat ini membuat kita cukup familiar dengan penggunaan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan IPTEK hendaknya diarahkan pada cita-cita negara Indonesia khususnya mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum. Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita simak ulasan lengkap mengenai penggunaan IPTEK sesuai cita-cita negara Indonesia.

Baca Juga : Induk Organisasi Gulat Nasional Di Indonesia Adalah

Dalam era yang terus berkembang dengan cepat saat ini, penggunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menjadi semakin lazim dalam kehidupan. Namun, penting bagi kita untuk mengarahkan pemanfaatan IPTEK agar sejalan dengan cita-cita negara Indonesia, khususnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum.

Makna Sejati IPTEK

IPTEK merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang merujuk pada perkembangan teknologi. Akan tetapi, di Indonesia sendiri IPTEK diaplikasikan dengan tujuan-tujuan khusus yang dijelaskan dengan mendalam dalam buku berjudul “Spiritualisme Pancasila” karya Fokky Fuad Wasitaatmadja (2018: 170).

Baca Juga : Angka 9 Jika Dipangkatkan Bilangan Asli Berapapun Akan Memiliki Satuan

Buku tersebut menyatakan bahwa IPTEK, pada hakikatnya adalah hasil dari kreativitas rohani manusia. Tujuan inti dari IPTEK adalah untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia dan menjadikannya terikat oleh nilai-nilai moral ketuhanan dan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Pemanfaatan IPTEK di Indonesia juga bertujuan untuk merealisasikan cita-cita negara, sebagaimana dijelaskan dalam buku “Ensiklopedi PKN 2: Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa” oleh R. Toto Sugiarto (2017: 42). Pembukaan UUD 1945 mengungkapkan beberapa tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia, antara lain:

  • Perlindungan Bangsa dan Tanah Air: Membentuk pemerintahan yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Kemajuan Kesejahteraan Umum: Memajukan kesejahteraan umum dengan menciptakan kondisi masyarakat yang bahagia, makmur, adil, tenteram, dan sentosa.
  • Pencerahan Kehidupan Bangsa: Mencerdaskan kehidupan bangsa dengan upaya memberikan pengetahuan luas, kecerdasan, dan keterampilan teknologi kepada masyarakat.

Dari pemaparan ini, jelas bahwa penggunaan IPTEK harus diarahkan pada cita-cita negara Indonesia, khususnya dalam mewujudkan kesejahteraan umum dan meningkatkan kecerdasan bangsa.

Baca Juga : 10 Nama Tarian Dan Pola Lantainya

Memanfaatkan IPTEK untuk Mewujudkan Kemajuan

Untuk mencapai cita-cita tersebut, kita perlu memanfaatkan teknologi secara optimal demi kemajuan bangsa Indonesia. Berikut adalah contoh penerapan IPTEK yang sejalan dengan cita-cita negara:

1. Pendidikan Berbasis Teknologi

Memanfaatkan teknologi untuk belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan secara luas adalah langkah yang penting. Dengan demikian, kita turut serta dalam memajukan kesejahteraan dan kecerdasan bangsa Indonesia.

2. Partisipasi Aktif dalam Ketertiban Dunia

Memanfaatkan IPTEK juga berarti berperan aktif dalam melaksanakan ketertiban dunia yang didasarkan pada kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Baca Juga : Pendekatan Untuk Memperoleh Ide Produk Hiasan Adalah Sebagai Berikut Kecuali

Dengan memahami dan mengoptimalkan penggunaan IPTEK sesuai dengan cita-cita negara Indonesia, kita dapat bersama-sama mengarahkan perkembangan teknologi menuju kesejahteraan dan kemajuan yang berkelanjutan bagi bangsa kita. (DAP)

Demikianlah informasi mengenai Penggunaan IPTEK Hendaknya Diarahkan Pada Cita-Cita Negara Indonesia Khususnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun - Bahasa Indonesia adalah kekayaan budaya yang memiliki aturan ketat dalam penulisan, termasuk penggunaan partikel yang sering membingungkan, seperti 'dimanapun', 'dimana pun', atau 'di mana pun'. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan seksama aturan penulisan yang benar dan menghilangkan kebingungan seputar kata-kata ini.