Bolehkah memanfaatkan deterjen (sunlight) Sebagai Pekerat Pestisida ?

Pekerat Pestisida

Bolehkah memanfaatkan deterjen (sunlight) Sebagai Pekerat Pestisida ? – Para petani telah lama menjalankan praktik inovatif dengan memanfaatkan deterjen, seperti sunlight, sebagai pengganti perekat pestisida. Namun, apakah pendekatan ini dianggap menguntungkan dan tidak berdampak negatif terhadap tanaman yang mereka tanam?

Dalam upaya meningkatkan efektivitas penggunaan pestisida seperti insektisida, fungisida, dan bakterisida, petani sering mengandalkan perekat pestisida untuk memaksimalkan daya rekat bahan aktif dalam pestisida tersebut. Perekat pestisida ini terutama berguna saat penyemprotan dilakukan selama musim hujan atau pada pagi hari menjelang fajar, ketika tanaman dihiasi oleh embun yang melimpah.

Baca Juga : Ciri Sawit Kurang Dolomit dan Pupuk Lainnya

Pada dua periode ini, intensitasnya begitu tinggi sehingga pestisida mudah terlarut dalam air, hal ini mengakibatkan efektivitas kerja pestisida menurun. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, banyak petani yang menggunakan bahan seperti sunlight, mama lemon, atau deterjen lainnya sebagai perekat pestisida, dan ini memang benar. Deterjen dapat berfungsi sebagai perekat pestisida.

Namun, sebetulnya mengandalkan deterjen sebagai pengikat pestisida tidak dianjurkan, karena dapat menimbulkan konsekuensi yang merugikan bagi tanah dan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga : 1 Tumbak Berapa Meter Persegi ? Baca Penjelasannya

Limbah yang dihasilkan oleh deterjen memiliki dampak yang sangat merusak terhadap lingkungan. Deterjen sendiri merupakan produk sampingan dari proses penyulingan minyak bumi yang melibatkan penggunaan berbagai bahan kimia tambahan. Beberapa bahan kimia tersebut termasuk agen pembersih (surfaktan), alkyl benzene (ABS) yang berfungsi sebagai penghasil busa, bahan abrasif sebagai penggosok, bahan pengurai senyawa organik, oksidan sebagai pemutih dan pengurai senyawa organik, enzim untuk mengurai protein, lemak, atau karbohidrat demi memberikan kelembutan pada bahan, larutan pengencer air, bahan anti karat, dan lain sebagainya.

Berdasarkan penelitian mendalam, terungkap bahwa ABS memiliki dampak negatif terhadap lingkungan karena tidak dapat terurai oleh mikroorganisme. Dampak ini menyebabkan limbah deterjen yang dihasilkan oleh rumah tangga setiap hari menjadi ancaman serius bagi kestabilan ekosistem.

Baca Juga : Kelebihan dan Kelemahan Padi M70D

Kesimpulan

Menggunakan detergen sebagai pengikat pestisida dilarang karena dapat merusak tanah yang merupakan komponen krusial dalam budidaya tanaman. Namun, jika Anda masih ingin menggunakan sinar matahari sebagai pengikat pestisida, disarankan untuk menggunakan dengan bijak dan memperhatikan dosis yang sesuai.

Demikianlah informasi mengenai pemanfaatan deterjen (sunlight) Sebagai Pekerat Pestisida. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Adalah

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Adalah

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Adalah - Beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tanaman dapat dibagi ke dalam dua kategori yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua kategori ini mempunyai peranan penting dalam mengatur proses pertumbuhan tanaman. Arikel dibawah akan membahas lebih lanjut mengenai peran masing-masing faktor ini dalam membentuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.