Morfologi Bunga Putri Malu (Mimosa pudica)

Morfologi Bunga Putri Malu (Mimosa pudica)

Morfologi Bunga Putri Malu (Mimosa pudica) – Tumbuhan putri malu termasuk dalam kategori tumbuhan gulma dan masuk dalam keluarga tumbuhan polong-polongan. Ini adalah tumbuhan perdu yang biasanya tumbuh hingga kira-kira 2 meter, dan dapat ditemukan tumbuh pada ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut.

Apa yang membuat putri malu begitu istimewa adalah kemampuannya untuk merespons sentuhan. Ketika Anda menyentuh daunnya, daun tumbuhan ini akan segera menciut atau layu, tetapi dalam beberapa menit, daunnya akan kembali normal seperti sediakala.

Baca Juga : Khasiat Daun Karuk

Klasifikasi Putri malu

Tumbuhan dengan nama ilmiah Mimosa pudica termasuk dalam keluarga Fabaceae, yang juga dikenal sebagai suku polong-polongan. Untuk informasi lebih rinci tentang klasifikasi putri malu ini, silakan lihat di bawah ini.

Klasifikasi Putri malu (Mimosa pudica) adalah sebagai berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Fabales
  • Famili: Fabaceae
  • Subfamili: Mimosoideae
  • Genus: Mimosa
  • Spesies: M. pudica

Baca Juga : Manfaat Daun Hanjuang Untuk Kesehatan

Morfologi Putri malu

Tumbuhan putri malu memiliki beberapa bagian yang menarik untuk diamati, seperti daun, batang, bunga, akar, buah, dan biji. Mari kita lihat lebih dekat pada morfologi mereka:

Daun

Daun putri malu memiliki bentuk majemuk yang unik, dengan irisan-irisan yang menyirip. Warna daunnya adalah hijau, dan yang menarik, jika disentuh, daun ini akan segera menutup atau layu, tetapi dalam beberapa menit, daunnya akan kembali ke bentuk aslinya seperti tidak terjadi apa-apa.

Baca Juga : Benih Padi Ciherang 600

Bunga

Bunga dari putri malu memiliki warna merah muda yang menarik, dengan bentuk bulat yang mirip bola dan ditumbuhi bulu-bulu halus. Mahkota dan kelopak bunga ini sangat kecil, hampir seperti rambut berwarna merah muda.

Batang

Batang putri malu dihiasi dengan duri-duri kecil, dan bentuknya bulat dengan rambut halus yang tumbuh di seluruh permukaannya.

Baca Juga : Cara Memasang Mulsa Untuk Tanaman Cabe

Akar

Akar putri malu memiliki daya cengkram yang kuat pada tanah, seringkali memerlukan alat khusus untuk membersihkannya jika kita ingin mengendalikannya dengan mencabutnya.

Buah

Buah dari putri malu berbentuk seperti polong dan pipih seperti garis, dengan ukuran yang sangat kecil dibandingkan dengan buah tumbuhan lainnya.

Biji

Biji putri malu juga sangat kecil, seukuran dengan buahnya, dan memiliki bentuk pipih seperti polong.

Baca Juga : Cara Menanam Buah Naga Stek

Cara pengendalian

Anda dapat mengendalikan pertumbuhan tanaman ini dengan dua cara yang berbeda: pertama, melalui penyemprotan herbisida, dan kedua, secara manual dengan menggali dan mencabutnya. Karena tanaman ini tumbuh dengan memiliki duri, penting untuk menggunakan cangkul dan sarung tangan saat mencabutnya.

Demikianlah informasi mengenai Morfologi Bunga Putri Malu (Mimosa pudica). Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Ayomenanam - Berikut ini yang bukan merupakan hak oktroi VOC adalah a. mengedarkan mata uang b. mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat c. mengangkat gubernur jenderal d. memiliki tentara e. mengumumkan perang Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. mengangkat gubernur jenderal