Mengenal Serangga Kungkang

Mengenal Serangga Kungkang

Mengenal Serangga Kungkang – Kungkang atau dikenal juga sebagai walang sangit dalam bahasa sehari-hari, merupakan serangga yang masuk dalam ordo Hemiptera dan famili Alydidae. Kungkang dikenali sebagai hama karena sering menyerang tanaman budidaya.

Biasanya, kungkang sering ditemui pada tanaman padi. Mereka menyerang tanaman padi ketika tanaman tersebut berada dalam fase berbuah atau fase generatif. Cara mereka menyerang adalah dengan menghisap cairan dari tangkai bunga dan bulir padi pada masa pengisian bulir atau saat bulir sudah matang. Akibat serangan ini, bulir padi dapat menjadi hampa. Kerusakan yang disebabkan oleh kungkang dapat mengakibatkan penurunan hasil panen yang signifikan.

Baca Juga : Klasifikasi Bunga Teratai

Aktivitas kungkang cenderung lebih tinggi di pagi hari, khususnya antara pukul 05.00 hingga 09.00, dan juga di sore hari, dari pukul 15.00 sampai 19.00. Namun, mereka juga bisa menyerang tanaman padi sepanjang waktu, termasuk di malam hari.

Kungkang memiliki ciri khas berupa bau yang khas. Secara fisik, mereka memiliki tubuh yang berwarna hijau kecoklatan dengan panjang sekitar 1-2 cm. Kepala mereka berbentuk kerucut dan dilengkapi dengan mulut, mata, dan antena. Kungkang juga memiliki 3 pasang kaki yang panjang, memudahkan mereka untuk meloncat, dan mereka juga memiliki sayap yang memungkinkan mereka terbang.

Baca Juga : Vanilla Planifolia Adalah

Siklus hidup kungkang melalui beberapa tahap, dimulai dari telur, kemudian nimfa, hingga menjadi kungkang dewasa. Biasanya, telur kungkang disimpan di bagian daun tanaman.

Untuk mengendalikan serangan kungkang, salah satu metode yang umum digunakan adalah penyemprotan insektisida yang mengandung bahan aktif seperti fipronil, propoksur, metolkarb, MIPC, dan BPMC.

Baca Juga : Morfologi Bunga Putri Malu (Mimosa pudica)

Demikianlah informasi mengenai Mengenal Serangga Kungkang. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Ayomenanam - Berikut ini yang bukan merupakan hak oktroi VOC adalah a. mengedarkan mata uang b. mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat c. mengangkat gubernur jenderal d. memiliki tentara e. mengumumkan perang Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. mengangkat gubernur jenderal