Berbagai Macam Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor – Apa manfaat daun kelor ? Manfaat daun kelor untuk kesehatan sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Tanaman yang memiliki nama latin Moringa Oleifera ini sudah dari jaman dahulu dipakai untuk pengobatan tradisional selain sebagai bahan makanan.

Manfaat daun kelor diyakni sebagai pencegah kanker dan menstabilkan tekanan darah.
Daun kelor manfaat maupun khasiatnya dipengaruhi oleh kandungan antioksidan di dalamnya yaitu vitamin C, quarcetin, beta karoten, dan asam klorogenat. Selain itu, ada juga vitamin B2 dan B6, vitamin A, magnesium, dan zat besi yang menjadikan manfaat kelor menjadi sangat bervariasi bagi kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Jika kamu mengambil 21 gram daun kelor maka setara dengan protein nabati sebanyak 2 gram. Sehingga manfaat daun dari tanaman kelor tersebut bisa diperoleh dengan cara menjadikannya jamu, teh kering atau herbal, sampai dengan suplemen makanan.

gambar daun kelor

Manfaat Sayur Kelor

Kegunaan daun kelor yang sangat banyak buat kesehatan, sampai mungkin ada istilah “ 1000 manfaat daun kelor “ saking banyaknya khasiatnya yang bisa kamu peroleh. Namun pada artikel ini kami akan menyajikan beberapa khasiat daun kelor untuk kesehatan yang kami rangkum dari berbagai sumber. Kira-kira manfaat daun kelor untuk penyakit apa saja ya ? yuk, simak baik-baik !

1.Mengatasi Diabetes

Hasil riset membuktikan bahwa daun kelor mampu menurunkan kadar gula darah. Dalam studi kasus diberikan 1.5 sendok teh daun kelor dalam bentuk bubuk atau sekitar 7 gram kepada 30 orang perempuan setiap hari dalam jangka waktu 3 bulan. Hasil yang didapatkan adalah kadar gula darah puasa turun menjadi sekitar 13.5% rata-rata. Kamu mungkin bisa mendapatkan manfaat teh kelor tersebut karena saat ini sudah banyak produk teh bubuk yang dibuat dari daun kelor yang dijual di pasaran.

Terdapat juga riset kecil lainnya yang dilakukan oleh 6 orang pengidap diabetes. Mereka menambahkan 50 gram daun kelor pada makanan dan hasilnya gula darah dapat dicegah kenaikannya hingga 21%.

2.Mencegah Radang

Jika kamu mengalami peradangan karena infeksi atau cedera, kamu bisa mengkonsumsi daun kelor untuk mengurangi efek yang bisa diakibatkan oleh radang. Daun kelor mempunyai senyawa antiradang yang bisa kamu manfaatkan ketika mengalami hal tersebut.

3.Mencegah Radikal Bebas

Beberapa senyawa antioksidan pada daun kelor telah ditemukan oleh para ilmuan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Untuk menjaga daya tahan tubuh, silahkan kamu konsumsi daun kelor setiap hari sebagai santapan makanan.

Baca Juga : Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

4.Mengatur Kadar Kolesterol

Kolesterol yang tinggi dapat memicu resiko terkena penyakit jantung. Ternyata manfaat teh daun kelor sangat baik bagi kesehatan jantung. Teh daun kelor yang dikonsumsi secara rutin mampu mengontrol lemak yang ada di dalam darah.

5.Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah studi menunjukan bahwa daun kelor baik bagi penderita penyakit Alzheimer. Vitamin C dan E pada daun kelor memiliki peran penting melawan oksidasi yang menuju neuron. Hal ini akan memperbaiki fungsi otak, suasana hati, pengatur stres, serta mental yang sehat.

6.Mencegah Kanker

Kanker bisa dicegah sedini mungkin dengan daun kelor. Seperti yang telah dijelaskan bahwa antioksidan daun kelor memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas yang memicu kanker di dalam tubuh sehingga dengan rajin memakan daun kelor maka kamu sudah berikhtiar untuk melawan dan mencegah kanker sejak dini.

7.ASI Booster

Daun kelor bisa digunakan oleh para ibu yang sedang menyusui untuk meningkatkan produksi ASI. Ada studi yang menjelaskan bahwa daun kelor mampu memproduksi ASI dengan cepat di hari ke-4 hingga ke-5 setelah ibu melahirkan bayi yang prematur.

8.Mengatasi Gejala Menopause

Pada wanita yang akan memasuki masa menopause maka akan ada resiko terkena penyakit osteoporosis yakni kekurangan kepadatan dari tulang. Daun kelor berfungsi untuk nutrisi tulang serta memberikan asupan kalium yang akan diserap oleh tulang.

Baca Juga : Cara Stek Tanaman Kelengkeng

9.Menyehatkan Kulit

Jerawat dan penuaan dini bisa diatasi oleh daun kelor. Minyak alami yang ada pada daun kelor memiliki kandungan asam linoleate yang berkhasiat untuk mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan kulit. Manfaat daun kelor untuk wajah diantaranya adalah :

Mencerahkan kulit wajah

Jika kamu menggunakan masker daun kelor untuk wajah maka kamu bisa mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit. Vitamin C yang ada pada kelor sangat baik untuk kulit.

Mengatasi penuaan

Vitamin C dari daun kelor akan menyediakan kolagen yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini serta mencegah dan mengurangi flek hitam pada wajah.

Mencegah jerawat

Antibakteri dan antiradang pada daun kelor diyakini mampu mengatasi tumbuhnya jerawat sekaligus mencegahnya. Namun, penelitan ini masih perlu ditindak lanjuti untuk mengetahui efektivitasnya.

Menjadikan kulit terasa halus dan lembut

Vitamin B3 pada daun kelor mampu memperbaiki tekstur pada epidermis (lapisan kulit terluar) pada wajah. Selain itu, vitamin B3 juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap.

Menjaga kulit dari efek sinar matahari

Antioksidan seperti vitamin A, C, dan E yang ada di dalam daun kelor akan membantu kulit wajah kamu terlindungi dari efek sinar matahari sehingga menjadikan kulit wajah kamu tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga : Jarak Tanaman Jeruk Nipis Agar Tumbuh Optimal

Memperbaharui sel kulit

Sel baru yang terbentuk akan dibantu dengan kandungan vitamin yang ada pada daun kelor sehingga sel baru yang dihasilkan lebih sehat.

Manfaat masker daun kelor bisa kamu peroleh dengan mudah dengan cara mengikuti pembuatan yang sudah kami tuliskan di bawah ini. Berikut ini cara membuat masker dari daun kelor.
Siapkan bahan-bahan berikut ini :

  • 1/2 sdm bubuk kelor.
  • 1 sdm madu mentah.
  • 1-2 sdt witch hazel (bagi kamu yang punya kulit berminyak) atau air mawar (bagi kamu yang punya kulit kering).

Langkah-langkah pembuatan :

  • Campur bubuk kelor dengan madu.
  • Tambahkan witch hazel atau air mawar secara perlahan hingga terbentuk konsistensi yang sesuai keinginan.
  • Tambahkan 3-5 tetes minyak esensial yang aman bagi kulit contohnya rosehip atau bubuk teh.
  • Aduk hingga rata.
  • Bersihkan kulit wajah dengan air bersih.
  • Oleskan masker tadi pada kulit. Tunggu sekitar 10-15 menit.
    Bilas memakai air hangat lalu keringkan dengan handuk yang bersih.

10.Menambah Daya Ingat

Daun kelor mampu mengatasi stres dan radang otak. Selain itu, kelor juga berfungsi untuk menambah daya ingat seseorang sehingga otak akan lebih mudah menghafal dan menyimpan memori dari pelajaran atau pun kejadian yang penting.

11.Menyehatkan Mata

Betakaroten yang ada pada daun kelor memililki manfaat dalam menyehatkan mata, mencegah pelebaran pembuluh darah pada retina, mencegah penebalan membran kapiler, serta mencegah disfungsi retina.

12.Menghilangkan Lemak

Manfaat daun kelor kering yang bisa kamu peroleh adalah dapat membantu dalam menghilangkan lemak berlebih yang ada pada tubuh. Antioksidan pada daun kelor bisa membantu kamu yang saat ini sedang menjalani program diet karena daun kelor sendiri memiliki kadar lemak yang rendah.

13.Mengontrol tekanan darah

Teh daun kelor kering juga dipercaya mampu mengontrol tekanan darah karena terdapat kandungan quarcetin yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.
Teh daun kelor yang kering bisa kamu dapatkan banyak di toko herbal atau online, tapi jika kamu mau meracik sendiri maka caranya mudah saja, yaitu cukup mengambil daun kelor lalu dikeringkan kemudian seduh menjadi teh.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Cabe

14.Menguatkan Sistem Imun

Antioksidan yang tinggi pada daun kelor 7 kali lebih banyak dibandingkan pada jeruk. Sehingga vitamin C daun kelor mampu membuat imunitas tubuh menjadi meingkat sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit serta membantu proses pemulihan tubuh dan pembentukan otot.

15.Mengatasi Anemia

Zat besi yang ada pada kelor mampu mengatasi gejala anemia atau kekurangan zat besi pada sel darah merah. Tapi apabila dokter sudah meresepkan tablet zat besi untuk kamu konsumsi maka kamu harus berkonsultsi lebih dulu dengan dokter.

16.Suplemen Nutrisi Bagi Anak

Kelor sangat cocok untuk anak yang kekurangan berta badan. Berikan bubuk daun kelor selama 2 bulan dengan teratur namun tidak boleh asal-asalan dalam memberikan olahan daun kelor pada anak. Lihat juga apakah ada efek samping yang ditimbulkan dan ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak.

17.Mencegah Asam Urat

Asam urat pun bisa dicegah dan diatasi dengan rajin mengkonsumsi daun kelor karena tanaman ini masih tergolong aman bagi orang yang terkena penyakit asam urat.

Manfaat Daun Kelor Untuk Alat Vital Pria

Khusus untuk pria yang ingin menambah keharmonisan rumah tangganya, maka berikut ini kami tuliskan manfaat daun kelor untuk pria yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1.Menambah kesuburan pria

Daun kelor maupun bijinya mampu mencegah kerusakan oksidatif pada produksi sperma. Sehingga bagi kamu yang ingin meningkatkan produksi volume sperma maka bisa rajin mengkonsumsi daun kelor guna memperbaiki tingkat kesuburan pada alat reproduksi kamu.

2.Mencegah prostat

Khasiat daun kelor untuk alat vital khususnya pada pria yang kedua adalah mencegah prostat. Senyawa glukosinat atau belerang pada daun kelor diyakini mempunyai sifat antikanker yang mampu mencegah prostat pada pria. Namun, studi ini masih perlu diteliti lebih lanjut lagi pada manusia.

Baca Juga : Daftar Harga Pupuk Phonska Terbaru

3.Mencegah disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi adalah keadaan yang bisa menghilangkan gairah seks pada pria hingga menyebabkan depresi. Hal ini karena disfungsi ereksi adalah keadaan dimana alat vital pria tidak mampu mempertahankan ereksi dengan kuat saat berhubungan intim. Senyawa polifenol pada daun kelor diyakini mampu meningkatkan aliran darah pada bagian alat vital pria sehingga membantu proses ereksi.

Cara Mengolah Dau Kelor

Berikut ini cara mengolah daun kelor yang bisa kamu praktekkan di rumah :

1.Direbus

Ini adalah cara yang paling umum dilakukan dalam pengobatan tradisional yaitu meminum air daun kelor yang telah direbus atau bisa juga dikonsumsi seperti sayuran pada umumnya. Disarankan agar tidak terlalu lama merebus daun kelor karena akan mengakibatkan antioksidan di dalamnya menjadi hilang.

2.Mengolahnya menjadi teh

Ambil daun kelor yang masih memiliki batang agar lebih mudah digantung memakai tali dalam ruang tertutup yang memiliki ventilasi. Pengeringan ini akan memerlukan waktu 3 hari. Jika sudah kering, haluskan daun kelor lalu masukan ke dalam kantung teh sehingga dijadikan teh celup atau kamu juga bisa langsung menyeduh dengan air panas.

Baca Juga : Menghitung Kebutuhan Pupuk Per Polybag

Adakah Efek Samping Dari Daun Kelor ?

Daun kelor sendiri jarang memicu efek samping yang serius jika disantap sebagai makanan dalam jumlah yang wajar. Namun, jika kamu mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk suplemen maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama jika kamu juga sedang menjalankan pengobatan utama dari dokter.

Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin muncul dari mengkonsumsi daun kelor, yaitu :

  • Menurunkan tekanan darah menjadi sangat rendah.
  • Hipoglikemia jika diminum bersamaan dengan obat diabetes.
  • Keguguran pada ibu hamil.
  • Diduga mempunyai antifertilitas sehingga tidak cocok bagi ibu yang tengah hamil.
  • Memperparah hipotiroid.

Penutup

Demikianlah informasi seputar daun kelor semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semua. Silahkan share informasi ini ke teman-teman kamu jika kamu merasa artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Ayomenanam - Berikut ini yang bukan merupakan hak oktroi VOC adalah a. mengedarkan mata uang b. mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat c. mengangkat gubernur jenderal d. memiliki tentara e. mengumumkan perang Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. mengangkat gubernur jenderal