Kunci Pokok Keadilan Bagi Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara Adalah

Kunci Pokok Keadilan Bagi Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara Adalah

Ayomenanam – Kunci pokok keadilan bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara adalah

  • a. Kesadaran hukum
  • b. Kekuasaan
  • c. Pengetahuan hukum
  • d. Aparatur hukum
  • e. Hukum

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah a. Kesadaran Hukum

Baca Juga : Pada Umumnya, Sebuah Usaha Apapun Ingin Mencapai Keuntungan Yang Biasa Disebut

Pembahasan

Sebagai sebuah Negara hukum, Indonesia mengakui bahwa setiap tindakan harus memiliki dasar hukum. Prinsip Negara Hukum ini jelas tercermin dalam Pasal 1 Ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945). Pembuatan hukum memiliki tujuan, dan salah satu tujuannya adalah untuk memberikan kepastian hukum. Untuk mencapai tujuan nasional yang diatur dalam Pembukaan UUD 1945, implementasi aturan-aturan dasar konstitusi dalam kehidupan sehari-hari menjadi syarat mutlak. Oleh karena itu, pelaksanaan Undang-Undang harus dipantau dengan pemahaman yang mendalam agar selalu dilaksanakan dengan benar.

Baca Juga : #**# Merupakan Karakter Yang Terdapat Pada Type Data

Penegakan Hukum

Menurut konsep Negara Hukum, setiap tindakan dari penyelenggara negara dan warga negara harus sesuai dengan koridor hukum. Oleh karena itu, tugas mengawasi konstitusi menjadi tanggung jawab bersama penyelenggara negara dan seluruh warga negara melalui penggunaan wewenang, hak, dan kewajiban konstitusional.

Jika setiap pejabat dan aparat penyelenggara negara memiliki pemahaman dan kesadaran hukum yang tinggi serta melaksanakan wewenangnya sesuai hukum, kebijakan dan tindakan yang dihasilkan akan menjadi bentuk nyata pelaksanaan Undang-Undang Dasar 1945. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan partisipasi aktif seluruh warga negara.

Baca Juga : Tujuan Utama Pemerintah Pendudukan Jepang Membentuk PETA Adalah

Pentingnya Kesadaran Berkonstitusi

Dibutuhkan kesadaran berkonstitusi dari warga negara tidak hanya untuk melaksanakan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang berlandaskan UUD 1945, tetapi juga untuk melakukan kontrol terhadap pelaksanaannya. Kontrol dari masyarakat ini menjadi krusial seiring dengan penerapan prinsip saling mengawasi dan mengimbangi dalam sistem ketatanegaraan. Kesenjangan antara UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan serta kebijakan penyelenggara negara perlu diwaspadai, mengingat adanya potensi bias atau pertentangan dalam pelaksanaan UUD 1945.

Baca Juga : Peradaban Hindu Dengan Mudah Diterima Oleh Masyarakat Indonesia Karena

Demikianlah jawaban dan pembahasan dari pertanyaan Kunci Pokok Keadilan Bagi Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara Adalah. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun - Bahasa Indonesia adalah kekayaan budaya yang memiliki aturan ketat dalam penulisan, termasuk penggunaan partikel yang sering membingungkan, seperti 'dimanapun', 'dimana pun', atau 'di mana pun'. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan seksama aturan penulisan yang benar dan menghilangkan kebingungan seputar kata-kata ini.