Klasifikasi Pucuk Merah

Klasifikasi Pucuk Merah

Klasifikasi Pucuk MerahPucuk merah dikenal sebagai tanaman hias yang menarik perhatian. Saat daun muda atau pucuknya tumbuh, mereka akan berubah menjadi merah cerah, sementara daun yang sudah dewasa memiliki warna hijau.

Tanaman dengan nama ilmiah Syzygium oleana sering dijadikan pilihan untuk taman di pinggir jalan, halaman rumah, dan pekarangan. Cara perbanyakan pucuk merah dapat dilakukan melalui dua metode, yaitu vegetatif dan generatif.

Pucuk merah termasuk dalam keluarga Myrtaceae, keluarga tumbuhan yang dikenal memiliki ukuran yang besar. Untuk informasi lebih rinci mengenai klasifikasi pucuk merah, dapat ditemukan dalam tabel di bawah ini.

Baca Juga : Deskripsi Varietas Padi M400

Klasifikasi Pucuk Merah (Syzygium oleana)

  • Kingdom: Plantae
  • Sub kingdom: Viridiplantae
  • Infra kingdom: Streptophyta
  • Super divisi: Embryophyta
  • Divisi: Tracheophyta
  • Sub divisi: Spermatophytina
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Super ordo: Rosanae
  • Ordo: Myrtales
  • Famili: Myrtaceae
  • Genus: Syzygium p. Br. Ex gaertn.
  • Spesies: Syzygium oleana

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Padi IR 64

Morfologi Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Pucuk Merah (Syzygium oleana) adalah tumbuhan yang memiliki beragam fitur menarik, terdiri dari akar, batang, daun, bunga, serta biji atau buah. Mari kita telaah lebih lanjut tentang ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh pucuk merah ini.

Morfologi Akar Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Akar pucuk merah terdiri dari akar tunggang yang merambat dan terus bertumbuh seiring waktu. Akarnya memiliki bentuk bulat dengan warna coklat yang mencolok. Fungsi utama akar ini adalah untuk memberikan dukungan yang kuat, memungkinkan pucuk merah berdiri tegak dengan mantap.

Morfologi Batang Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Batang pucuk merah memiliki bentuk bulat dan terbuat dari kayu, di dalamnya terdapat lapisan kambium yang penting. Di lingkungan yang subur dengan pasokan nutrisi yang cukup, batang pohon ini dapat mencapai tinggi hingga 5 meter.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kelemahan Padi Ciherang

Morfologi daun Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Daun pucuk merah memiliki bentuk oval dengan ujung yang meruncing. Struktur daun pucuk merah ditandai oleh adanya tulang daun yang tumbuh di setiap rantingnya. Yang menarik, warna daun pucuk merah sangat menonjol. Saat masih muda, daunnya memiliki warna merah yang mencolok, namun seiring berjalannya waktu, warnanya akan berubah menjadi hijau. Perpaduan kedua warna ini menciptakan keindahan yang memikat pada tanaman ini.

Morfologi Bunga Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Bunga dari tanaman pucuk merah memiliki keunikan morfologi yang menarik. Bunga ini tergolong sebagai bunga majemuk yang tersusun dalam kelompok malai yang terbatas. Saat mekar, bunga pucuk merah menampilkan kepala putik yang cantik dengan warna putih yang mencolok. Tangkai putiknya juga menarik dengan ukuran yang lebih pendek daripada benang sari bunganya. Posisi putik ini berada di tengah-tengah bunga, sedangkan benang sari berwarna putih, lebih panjang dari putiknya, dan hadir dalam jumlah yang melimpah.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Padi Cakrabuana

Morfologi Buah Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Buah pucuk merah memiliki bentuk bulat sedikit pipih, dengan ciri khas cekungan di bagian tengah permukaan atasnya. Ukuran buah ini memiliki diameter sekitar 0,7 cm. Saat matang, buah pucuk merah mengubah warnanya menjadi mengkilap hitam.

Dengan demikian, penjelasan ringkas ini memberikan wawasan mengenai Klasifikasi Pucuk Merah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan, terutama tentang tanaman pucuk merah.

About Ayomenanam

Check Also

Tanaman Konsumsi Disebut Juga Tanaman

Tanaman Konsumsi Disebut Juga Tanaman

Tanaman Konsumsi Disebut Juga Tanaman - Ketika kita mendengar "tanaman konsumsi," mungkin yang terlintas dalam pikiran adalah makanan yang biasa kita nikmati. Namun, ada istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut tanaman konsumsi disebut juga tanaman pangan. Mari kita telusuri lebih jauh mengenai keberagaman dan peran penting tanaman konsumsi dalam kehidupan kita.