Keunggulan Cabai TM 999

Keunggulan Cabai TM 999

Keunggulan Cabai TM 999 – Saat ini, cabai telah menjadi suatu kebutuhan tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Kelezatan pedas yang dihadirkannya memberikan sentuhan cita rasa yang tak tertandingi. Tak hanya itu, varian cabai merah TM 999 juga menyiratkan keindahan warna yang menghiasi setiap hidangan. Fenomena ini menjadikan cabai semakin dicari dan diminati di pasar.

Jenis-jenis cabai pun beragam, dan salah satunya adalah cabai keriting yang kerap menjadi pilihan. Cabai keriting memukau sebagai komponen utama dalam hidangan rendang yang terkenal. Kepedasan yang melekat pada rasa dan merah membara dari warnanya menjadikannya unsur kunci dalam olahan tersebut. Salah satu variasi istimewa dari cabai keriting adalah varietas cabai TM 999, yang menawarkan kepedasan yang luar biasa dan kilau merah yang memukau.

Baca Juga : Jenis Cabe Rawit Lokal

Inovasi dalam Cabai Keriting TM 999

Cabai Keriting TM 999 adalah sebuah prestasi dari PT Tani Murni Indonesia, perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan nama PD Tani Murni. Transisi ini terjadi pada tahun 2015 ketika perusahaan ini berubah menjadi PT Tani Murni Indonesia, tujuannya adalah untuk mengembangkan jaringan bisnisnya dengan fokus pada penanaman dan produksi benih sayuran yang unggul.

Ciri Khas dan Keunggulan Cabai Keriting TM 999

Identitas suatu produk sering kali memberikan nilai tambah yang signifikan. Produk yang memikat seringkali memiliki keunikan yang mencolok. Hal ini pun berlaku pada Cabai Keriting TM 999 yang memiliki ciri khas yang membedakannya dari varietas cabai keriting lainnya. Inilah beberapa ciri dan karakteristik menarik dari Cabai Keriting TM 999:

Tinggi dan Tampilan Tanaman

Cabai Keriting TM 999 tumbuh dengan ketinggian antara 90 hingga 120 cm. Tanaman ini memiliki batang berwarna hijau dengan dedaunan yang tumbuh rapat.

Bentuk dan Sifat Daun

Daun tanaman ini memiliki warna hijau yang segar. Bentuknya memanjang dengan ujung yang meruncing. Permukaan tepi daunnya licin tanpa bergelombang. Panjang daun mencapai sekitar 90 cm dengan lebar sekitar 3 cm.

Baca Juga : Bibit Cabai Besar Paling Bagus

Keindahan Bunga

Kelopak bunga dan tangkainya memiliki warna yang serasi, yaitu hijau. Mahkota bunga tampak anggun dengan warna putih, dan benang sari yang terdapat di dalamnya memiliki warna ungu. Setiap bunga memiliki 5 hingga 6 benang sari. Kepala putik bunga memiliki warna putih dengan 5 hingga 6 helai.

Bentuk dan Sifat Buah

Bentuk buahnya silindris dengan ujung yang meruncing. Permukaan kulitnya berombak-ombak, menciptakan efek mengkilap. Panjang buah sekitar 15 cm dengan diameter sekitar 0,8 cm. Kulit buahnya memiliki ketebalan sekitar 1,8 hingga 2 mm. Buah muda memiliki warna hijau yang segar, yang akan berubah menjadi merah saat mencapai kematangannya.

Dengan karakteristik unik ini, Cabai Keriting TM 999 menghadirkan inovasi yang menarik di dunia tanaman cabai keriting.

Baca Juga : Acrobat Fungisida, Rahasia Ampuh Mengatasi Penyakit Jamur pada Tanaman

Keunggulan Cabai TM 999

Adaptasi dengan Mudah

Kelebihan yang dimiliki varian cabai ini sangat mendukung petani dalam mengembangkan budidaya tanaman. Tanaman yang dapat dengan mudah beradaptasi sangat membantu petani yang ingin menanamnya. Sebaliknya, jika tanaman sulit beradaptasi, ini dapat menjadi hambatan bagi petani, seperti jika tanah yang dimiliki berada di dataran tinggi sementara tanaman yang diinginkan hanya tumbuh di dataran rendah, atau sebaliknya.

TM 999 adalah solusi ideal bagi para petani. Kemampuannya untuk beradaptasi mulai dari dataran rendah hingga tinggi menjadikannya pilihan yang sangat tepat. Jenis cabai ini juga tumbuh subur di iklim tropis dengan dua musim, seperti yang dimiliki Indonesia. Dengan demikian, TM 999 mampu beradaptasi dengan baik baik pada musim hujan maupun kemarau.

Tahan Lama saat Pendistribusian

Cabai merupakan komoditas penting bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pengiriman cabai ke berbagai kota adalah hal yang umum terjadi. Namun, cabai yang tahan lama selama proses distribusi adalah suatu keharusan. Cabai yang mampu bertahan dari perjalanan jauh tanpa mudah busuk atau rusak akan sangat dihargai.

Keistimewaan dari TM 999 adalah buahnya yang tahan lama saat pendistribusian. Teksturnya yang keras dan isi yang padat membuat cabai jenis ini tidak rentan terhadap kerusakan selama perjalanan. Dengan ini, kerugian akibat cabai yang cepat membusuk dapat diminimalkan.

Baca Juga : Cara Memilih Pupuk untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe

Selain itu, cabai ini juga sangat cocok untuk dijadikan bahan kering. Cabai kering memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan yang masih segar. Banyak masyarakat yang menggunakan cabai jenis ini untuk dihaluskan menjadi bubuk cabai, yang nantinya digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan.

Ketahanan terhadap Penyakit

Tanaman yang tahan terhadap penyakit akan sangat menguntungkan petani dalam menjaga tanaman mereka. Ini tidak hanya mengurangi biaya perawatan, tetapi juga membantu menjaga produktivitas tanaman. Jika tanaman memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit, maka penggunaan pestisida dan bahan kimia dapat dikurangi.

TM 999 adalah varian cabai yang cocok bagi petani yang ingin mengurangi biaya perawatan. Cabai ini memiliki ketahanan terhadap penyakit Anthraknose dan layu bakteri.

Penyakit Anthraknose dapat merusak hasil panen cabai karena membuat buah cepat membusuk dan tidak dapat dijual. Sedangkan layu bakteri dapat mengakibatkan kematian tanaman, yang berpotensi menimbulkan kerugian besar.

Baca Juga : Cara Pemakaian Pupuk Borax untuk Cabai

Hasil Panen yang Melimpah

Tentu saja, hasil panen yang optimal menjadi impian bagi setiap petani. Panen yang melimpah tidak hanya membawa keuntungan finansial, tetapi juga mampu memenuhi permintaan pasar yang tinggi.

TM 999 adalah varian cabai dengan hasil panen yang melimpah. Dalam lahan seluas satu hektar, TM 999 dapat menghasilkan hingga 23 ton cabai. Hal ini terjadi karena setiap pohon cabai dapat menghasilkan sekitar 1,3 kg buah.

Selain itu, waktu panen varian ini relatif singkat, yaitu sekitar 80-100 hari, dan dapat dipanen sebanyak 30-40 kali dalam interval 3-5 hari. Oleh karena itu, cabai ini menjadi pilihan utama bagi petani yang ingin menanam cabai keriting.

Baca Juga : Keunggulan Cabe Keriting OR Twist 42

Daya Tarik bagi Segala Kalangan

Keunggulan cabai keriting TM 999 telah menarik perhatian berbagai kalangan, mulai dari petani hingga ibu rumah tangga yang ingin menanamnya di halaman belakang rumah. Kemudahan dalam penanaman dan adaptasinya membuatnya cocok untuk ditanam di lingkungan pribadi.

Hasil panen yang besar menjadi salah satu daya tarik utama varian ini. Dengan hasil panen yang melimpah, petani dapat meraih keuntungan substansial. Tidak hanya itu, kemampuannya sebagai bahan dasar cabai kering juga membuatnya diminati oleh banyak orang.

Baca Juga : Budidaya Tomat Servo

Harga Benih Cabe TM 999

Saat ini, harga untuk setiap bungkus benih cabe TM 999 berada dalam kisaran sekitar Rp 115,000. Nilai ini sangatlah sesuai mengingat kualitas unggul yang diberikan oleh benih ini. Bukan tanpa alasan banyak petani yang telah menemukan kesesuaian dengan benih ini dan memilih bertahan tanpa beralih ke merek lain. Meskipun perlu diingat bahwa harga ini dapat berubah sewaktu-waktu, tetapi keunggulan serta stabilitas kualitas tetap menjadi nilai yang menarik untuk diperhitungkan.

Demikianlah informasi mengenai Keunggulan Cabai TM 999. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Ayomenanam - Berikut ini yang bukan merupakan hak oktroi VOC adalah a. mengedarkan mata uang b. mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat c. mengangkat gubernur jenderal d. memiliki tentara e. mengumumkan perang Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. mengangkat gubernur jenderal