Jenis Pangan Yang Belum Mengalami Pengolahan Disebut Dengan Pangan

Jenis Pangan Yang Belum Mengalami Pengolahan Disebut Dengan Pangan

Ayomenanam – Jenis pangan yang belum mengalami pengolahan disebut dengan pangan

  • a. segar
  • b. olahan
  • c. siap saji
  • d. siap santap

Jawan dari pertanyaan diatas adalah a. segar

Baca Juga : Utensil Yang Berfungsi Sebagai Wadah Espresso Dari Mesin Kopi Adalah

Pembahasan

Pasar lokal di berbagai wilayah Indonesia belakangan ini disuguhkan dengan aneka sayur dan buah segar dari luar negeri. Meskipun menarik, kehadiran aneka sayuran tersebut menimbulkan keprihatinan mengenai risiko kontaminasi oleh zat kimia, benda asing, dan mikroorganisme yang dapat mengancam kesehatan manusia. Inilah saatnya kita membahas Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan mengapa menjadi pilihan yang lebih unggul.

Apa Itu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT)?

PSAT atau Pangan Segar Asal Tumbuhan adalah kategori pangan yang berasal dari tanaman dan dapat dikonsumsi langsung atau diolah lebih lanjut dengan proses minimal. Proses ini melibatkan langkah-langkah seperti pencucian, pengupasan, pembekuan, pemotongan, pengeringan, penggaraman, pencampuran, penggilingan, pencelupan (blanching), tanpa penambahan bahan tambahan pangan kecuali pelilinan.

Baca Juga : Utensil Yang Berfungsi Untuk Menuangkan Susu Adalah

Jenis Pangan Segar Lainnya

PSAT hanyalah satu dari tiga jenis pangan segar berdasarkan asal komoditasnya:

  • Pangan Segar Asal Hewan (PSAH): Pangan ini berasal dari hewan tanpa melalui proses pengolahan lebih lanjut seperti pendinginan, pembekuan, pemanasan, dan pengasapan.
  • Pangan Segar Asal Ikan (PSAI): Jenis pangan ini berasal dari ikan yang dapat dikonsumsi langsung tanpa perlu pengolahan tambahan.

Baca Juga : Pada Pembuatan Program Komputer Algoritma Dibuat

Perbedaan Cara Perolehan Pangan

Penting untuk memahami bahwa pangan tidak hanya dibedakan berdasarkan asalnya, tetapi juga cara perolehannya. Dalam konteks ini, pangan dapat dibagi menjadi tiga kategori:

  • Pangan Segar Merupakan pangan yang belum melalui proses pengolahan dan dapat langsung dikonsumsi atau dijadikan bahan baku pengolahan lebih lanjut. Jadi, Jenis pangan yang belum mengalami pengolahan disebut dengan pangan segar
  • Pangan Olahan Merupakan hasil proses pengolahan dengan berbagai metode, termasuk makanan atau minuman dengan atau tanpa tambahan bahan. Kategori ini mencakup pangan siap saji dan pangan olahan Industri Rumah Tangga.
  • Pangan Olahan Tertentu Merupakan pangan yang dikhususkan untuk kelompok tertentu demi menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan. Contohnya adalah ekstrak tanaman mahkota dewa untuk diabetes melitus atau susu rendah lemak untuk diet rendah lemak.

Baca Juga : Tugas Dari Seorang Sutradara Adalah Sebagai Berikut Kecuali

Kelebihan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT)

1. Keamanan Konsumsi

PSAT menawarkan keamanan konsumsi karena proses pengolahan minimal dan mengurangi risiko kontaminasi bahan kimia berbahaya. Ini membuatnya menjadi pilihan aman untuk menjaga kesehatan keluarga Anda.

2. Kandungan Gizi Optimal

Pangan segar asal tumbuhan kaya akan nutrisi karena belum mengalami degradasi akibat proses pengolahan yang berlebihan. Dengan mengonsumsi PSAT, Anda dapat memastikan asupan gizi yang optimal untuk kesehatan.

Baca Juga : Alat Reproduksi Pada Tanaman Pinus Yang Berbentuk Runjung Disebut

3. Mendukung Ekonomi Lokal

Pilihan untuk mengonsumsi PSAT juga berarti mendukung petani lokal. Ini memberikan dampak positif pada perekonomian lokal dan membantu menjaga keberlanjutan pertanian di Indonesia.

Baca Juga : Perbedaan Teks Eksplanasi Dengan Teks Lain Terletak Pada

Kesimpulan

Dalam melihat keberagaman pangan di pasar lokal, memahami keunggulan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) menjadi kunci. Dengan mengonsumsi PSAT, Anda tidak hanya merawat kesehatan keluarga tetapi juga turut serta dalam mendukung pertanian lokal. Selain itu, kita juga memahami bahwa Jenis pangan yang belum mengalami pengolahan disebut dengan pangan segar. Mari bersama-sama menciptakan kesadaran akan pentingnya memilih pangan yang sehat dan berkualitas.

About Ayomenanam

Check Also

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun - Bahasa Indonesia adalah kekayaan budaya yang memiliki aturan ketat dalam penulisan, termasuk penggunaan partikel yang sering membingungkan, seperti 'dimanapun', 'dimana pun', atau 'di mana pun'. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan seksama aturan penulisan yang benar dan menghilangkan kebingungan seputar kata-kata ini.