Jenis EM4 Dan Kegunaannya

Jenis EM4 Dan Kegunaannya

Jenis EM4 Dan Kegunaannya – Efektif Mikroorganisme, yang biasa disingkat EM4 adalah campuran yang mengandung beragam jenis bakteri baik yang bermanfaat. Dalam prakteknya, campuran ini berperan penting dalam memperkaya bakteri baik dalam bahan organik, sekaligus berfungsi sebagai perisai alami untuk melawan bakteri berbahaya.

EM4 memiliki beragam penerapan yang luas di berbagai sektor, seperti pertanian, peternakan, dan dalam kehidupan sehari-hari. Produk ini telah mendapat pengakuan dan digunakan di banyak negara di seluruh dunia.

Awalnya, EM4 dikembangkan di Jepang oleh Profesor Teruo Higa, seorang ahli di Universitas Ryukyus di Okinawa, Jepang. Saat ini, EM4 telah mengalami perkembangan dan memiliki empat variasi berbeda, masing-masing dengan fungsi yang lebih spesifik.

Baca Juga : Cara Menggunakan Pupuk ZK

Mekanisme kerja EM4

EM4 adalah sejenis mikroorganisme dasar atau bahan pemula yang tidak langsung menguntungkan objek yang dituju. Namun, dengan memperbaiki sumber daya dan mengatur keseimbangan mikrobioma, EM4 menghasilkan manfaat yang signifikan bagi objek yang dituju.

Perbedaan EM4 Kuning, Coklat, Pink dan Biru

EM4 memiliki empat jenis yang berbeda, masing-masing dengan fungsi, manfaat, komposisi, dan kemasan yang unik.

Baca Juga : Dosis Penggunaan ZPT Atonik

EM4 kuning – Pertanian

EM4 kuning dalam bidang pertanian merupakan varian EM4 pertama yang populer digunakan. Produk ini dikenali dengan kemasan berwarna kuning yang khas. EM4 pertanian kuning memiliki komposisi utama sebagai berikut:

  • Loctabaciluss: 1.09×10^7
  • Succharomyces: 4.03×10^7

Selain itu, EM4 kuning juga mengandung bakteri tambahan seperti penambat nitrogen, pelarut fosfat, penghasil fitohormon, dan perombak bahan organik.

Baca Juga : Fungsi Pupuk N (Nitrogen) Untuk Tanaman

Manfaat penggunaan EM4 kuning dalam pertanian meliputi:

  • Meningkatkan kualitas fisik, kimia, dan biologi tanah dengan memperkenalkan mikroorganisme yang bermanfaat.
  • Meningkatkan produksi tanaman dengan meningkatkan kandungan nutrisi dalam tanah.
  • Meningkatkan potensi bahan organik sebagai pupuk organik melalui proses fermentasi.
  • Memberikan perlindungan terhadap tanaman dengan menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

Cara penggunaan EM4 kuning cukup mudah:

Larutkan langsung dalam bahan pupuk cair.

Jika digunakan untuk pupuk kompos, larutkan terlebih dahulu dalam wadah berisi air untuk distribusi yang merata. EM4 sudah mengandung bakteri baik, sehingga penambahan gula tidak diperlukan.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Pupuk Kompos

EM4 Coklat – Peternakan

EM4 Coklat, juga dikenal sebagai EM4 Peternakan, adalah produk terbaru yang dirancang khusus untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas hewan ternak. Kemasannya berwarna coklat yang khas.

Kandungan Unggulan dalam EM4 Coklat (Peternakan):

  • Loctabacilus Casei sebanyak 1,5×10^6
  • Saccharomyces sebanyak 1,5×10^6
  • Rhodopseudomonas Palustris sebanyak 1,0×20^6

Baca Juga : Fungsi Pupuk Phospat

Manfaat Luar Biasa dari EM4 Peternakan Coklat:

EM4 Coklat membantu menciptakan keseimbangan mikroorganisme dengan meningkatkan populasi bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Selain itu, manfaat lainnya meliputi:

  • Memulihkan kesehatan hewan dengan menyeimbangkan mikrobioma usus.
  • Meningkatkan kesuburan hewan dengan merangsang nafsu makan.
  • Memperbaiki nafsu makan dengan aroma dan rasa hasil fermentasi pakan ternak.
  • Menghilangkan bau kotoran ternak sambil menjaga kelestarian lingkungan peternakan.

Baca Juga : Dosis Pupuk NPK Phonska Untuk Padi Sawah

Cara Penggunaan yang Mudah:

EM4 Peternakan dapat diberikan kepada ternak dengan beberapa cara yang praktis:

  • Campurkan langsung dengan air minum atau pakan ternak.
  • Gunakan sebagai bahan ragi dalam proses pembuatan pakan fermentasi dan silase.
  • Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada botol kemasan untuk hasil yang optimal. EM4

Baca Juga : ZPT Terbaik Untuk Padi

EM4 Pink – Perikanan

EM4 Pink, yang seringkali disebut sebagai EM4 Perikanan karena kemasannya yang berwarna pink, merupakan produk unggulan yang banyak digunakan oleh para petani ikan, petambak udang, dan penghobi akuarium. Keunggulan EM4 Pink tidak dapat diabaikan, karena produk ini memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem perairan, meningkatkan kesehatan ikan dan udang, serta mengurangi risiko penyakit dan kegagalan pembenihan.

Apa yang Terdapat dalam EM4 Pink?

Dalam setiap botol EM4 Pink, Anda akan menemukan kehadiran dua jenis mikroorganisme yang sangat bermanfaat untuk ekosistem perairan, yaitu:

  • Lactobacillus sebanyak 2 × 10^6
  • Saccharomyces sebanyak 3,5 × 10^5

Manfaat Luar Biasa EM4 Pink untuk Perikanan

Produk ini memberikan sejumlah manfaat penting, termasuk:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh ikan dan udang yang diberi makan dengan pakan yang diperkaya oleh mikroorganisme baik.
  • Memelihara ekosistem perairn tambak dengan meningkatkan populasi bakteri baik dan menekan pertumbuhan bakteri patogen yang berbahaya.
  • Meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan ikan dan udang melalui pemberian pakan yang seimbang dengan bantuan EM4 Pink.
  • Mendekomposisi sisa pakan, cangkang, dan kotoran yang terakumulasi di dasar tambak, serta mengurangi tingkat gas beracun seperti amonia, metana, dan hidrogen sulfida.
  • Meningkatkan kualitas air dengan meningkatkan kadar oksigen terlarut (DO).

Baca Juga : Kandungan Pupuk ZA dan Fungsinya

Cara Penggunaan yang Mudah

Penggunaan EM4 Pink sangat sederhana. Untuk tambak seluas 1 hektar, disarankan menggunakan 4-6 botol EM4 Pink setiap 2 minggu sekali. Meskipun demikian, produk ini tetap efektif dan aman digunakan bahkan untuk tambak berukuran lebih kecil. Anda dapat mengaplikasikan 1-2 tutup botol untuk setiap meter kubik air tambak Anda, dengan frekuensi pemakaian seminggu sekali.

Satu hal yang perlu diingat, EM4 Pink sudah cukup dalam memberikan manfaat tanpa perlu menambahkan bahan kimia tambahan. Namun, perlu diperhatikan bahwa EM4 Pink memiliki sifat asam, oleh karena itu gunakan dengan bijak agar tidak meningkatkan tingkat keasaman yang berlebihan. Jika terlanjur memberikannya dalam jumlah berlebihan dan menyebabkan pengasaman tambak, segera lakukan proses penetralan asam dengan menggunakan zat seperti (CaCO3), dolomit (CaMg(CO3)2), kapur hidrat (Ca(OH)2), atau kapur mati (CaO).

Baca Juga : Pupuk Hijau, Karakteristik dan Jenisnya

EM4 Pink adalah pilihan terbaik untuk menjaga keberhasilan dan keberlanjutan usaha perikanan Anda. Dengan EM4 Pink, Anda dapat merawat perairan dengan lebih efisien dan meningkatkan produksi ikan dan udang Anda secara berkelanjutan.

EM4 biru – Limbah/toilet

EM4 Biru adalah produk terbaru yang merupakan turunan dari inovasi sebelumnya. Dikenal juga sebagai EM4 Limbah atau EM4 Toilet, produk ini hadir dalam dua varian kemasan, yakni Biru Muda untuk limbah padat dan Biru Tua untuk toilet.

Baca Juga : Pupuk Seresah, Definisi Serta Penjelasan Lainnya

Kandungan EM4 Biru yang Unggul

Produk ini mengandung beragam mikroorganisme bermanfaat, antara lain:

  • Bakteri fotosintetik
  • Bakteri asam laktat (Lactobacillus sp.)
  • Actinomycetes sp.
  • Streptomyces sp.
  • Jamur fermentasi dan ragi (yeast)

Manfaat Luar Biasa dari EM4 Limbah – Biru

Penggunaan EM4 Biru memberikan beragam manfaat yang signifikan, termasuk:

  • Penguraian efisien limbah padat dan cair.
  • Pengurangan bau tak sedap (Sulfida dan amonia) pada toilet.
  • Mendukung septic tank atau saluran pembuangan got.
  • Menurunkan kadar BOD dan COD dalam limbah perairan.
  • Menghambat pertumbuhan bakteri patogen.
    Merupakan bahan yang ideal untuk mendaur ulang limbah organik menjadi pupuk, dengan proses serupa seperti EM4 pertanian.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Pupuk Kandang Ayam, Sapi, Kamibing, Dan Cair

Cara Penggunaan yang Praktis:

EM4 Biru dapat digunakan dengan mudah, baik dengan cara langsung menuangkan ke saluran pembuangan atau melarutkannya terlebih dahulu dalam air sebelum disemprotkan.

Untuk mendaur ulang limbah organik menjadi pupuk, prosesnya sama seperti yang diterapkan dalam pertanian EM4, yaitu melalui fermentasi anaerob (tanpa udara). Dengan EM4 Biru, Anda dapat menjadikan limbah organik menjadi sumber nilai tambah yang bermanfaat bagi lingkungan dan pertanian.

Baca Juga : Efek Samping Pupuk ZA

Apakah EM4 bisa digunakan secara fleksibel?

Banyak pertanyaan muncul dari para pengguna EM4. Diantaranya, apakah EM4 yang biasa digunakan dalam pertanian dapat diterapkan juga pada peternakan, perikanan, atau pengelolaan limbah? Dan sejumlah pertanyaan serupa.

Berikut jawabannya:

EM4 jenis kuning, yang umumnya digunakan dalam pertanian, dapat diaplikasikan sebagai alternatif untuk penggunaan EM4 pada pengelolaan limbah dan sanitasi. Namun, perlu diingat bahwa EM4 jenis ini tidak cocok digunakan dalam konteks peternakan, terutama dalam bidang perikanan. Alasannya adalah EM4 pertanian mengandung bahan tambahan yang khusus ditujukan untuk tanah dan tanaman, dan meskipun kemungkinannya kecil, bisa saja bahan-bahan ini berdampak negatif pada hewan besar yang mengonsumsinya. Oleh karena itu, penggunaan EM4 kuning pada perikanan sangat tidak disarankan, terutama karena risiko lonjakan alga dan plankton dalam tambak yang sangat sensitif. Namun, dalam pengelolaan limbah dan sanitasi, EM4 kuning tetap aman digunakan.

Baca Juga : Pupuk Untuk Daun Menguning

EM4 jenis peternakan bisa digunakan dalam pertanian dan pengelolaan limbah, tetapi harus dihindari dalam konteks perikanan. Hal ini karena EM4 peternakan mengandung komponen yang mendukung proses fermentasi dalam pertanian dan membantu dalam penguraian limbah. Namun, penggunaannya dalam perikanan, terutama di tambak yang sangat peka, harus dilakukan dengan hati-hati dan hanya oleh orang yang berpengalaman.

Sementara itu, EM4 jenis perikanan (warna pink) dapat digunakan dalam pertanian dan pengelolaan limbah, dengan dosis yang lebih rendah bisa juga digunakan dalam konteks EM4 peternakan (warna coklat).

Baca Juga : Cara Memilih Pupuk untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe

EM4 jenis limbah (warna biru) dapat digunakan dalam pertanian, namun tidak dianjurkan untuk digunakan dalam peternakan atau perikanan.

Demikianlah informasi mengenai Jenis EM4 Dan Kegunaannya. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami perbedaan antara EM4 kuning, coklat, pink, dan biru dalam berbagai aplikasinya.

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Ayomenanam - Berikut ini yang bukan merupakan hak oktroi VOC adalah a. mengedarkan mata uang b. mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat c. mengangkat gubernur jenderal d. memiliki tentara e. mengumumkan perang Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. mengangkat gubernur jenderal