Herbisida Terbaik Untuk Padi

Herbisida Terbaik Untuk Padi

Herbisida Terbaik Untuk Padi – Kami seringkali ditanya tentang “Solusi efektif untuk mengatasi gulma tanpa merusak tanaman padi”. Pertanyaan ini kerap diajukan oleh petani padi yang lahan mereka dihadapkan pada masalah pertumbuhan gulma yang mengganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, kami akan membahas herbisida terbaik untuk padi yang dapat membunuh gulma tanpa membahayakan tanaman padi.

Ada sebuah pepatah yang populer yang berbunyi “Bersama dengan pertumbuhan padi, gulma pun akan hadir”. Pepatah tersebut mencerminkan kenyataan bahwa setiap kali kita menanam padi, gulma pasti akan tumbuh di sekitarnya.

Baca Juga : Deskripsi Padi Inpari 32 Jumbo

Untuk mengatasi pertumbuhan gulma di antara tanaman padi, diperlukan herbisida terbaik yang dapat digunakan tanpa mengganggu pertumbuhan tanaman padi dan memastikan pertumbuhan padi yang optimal.

Herbisida Terbaik Untuk Padi

Berikut adalah beberapa merek herbisida terbaik untuk padi yang kami rekomendasikan yang dapat Anda coba.

Herbisida Ally Plus

Herbisida Ally Plus merupakan solusi sempurna untuk mengendalikan gulma pada tanaman padi. Dengan kombinasi tiga bahan aktif yaitu metil metsulfuron, etil klorimuron, dan 2,4 D natrium dari golongan sulfonil urea, herbisida ini mampu memberikan efek pra tumbuh dan purna tumbuh yang luar biasa. Dosis yang tepat sekitar 480-640 g/ha, dengan waktu aplikasi pada umur 7-10 HST, menjadikan Ally Plus sangat efektif dalam mematikan dan mengendalikan gulma padi, sehingga tanaman padi dapat tumbuh tanpa gangguan gulma.

Baca Juga : Kelemahan dan Keunggulan Padi Mekongga

DuPont Ally Plus adalah pilihan terbaik untuk mengendalikan gulma pada tanaman padi. Dengan tiga bahan aktif yang kuat, herbisida ini mampu mengatasi berbagai jenis gulma yang tumbuh pada tanaman padi. Penggunaan Ally Plus dapat dilakukan dengan cara penyemprotan atau penaburan bersama dengan pupuk, yang memberikan kepraktisan, efisiensi, dan hasil yang luar biasa bagi pertumbuhan anakan tanaman padi.

Selain itu, Ally Plus juga mampu mengatasi gulma berdaun lebar dan teki-tekian, yang sering menjadi penyebab penurunan produktivitas tanaman padi akibat persaingan nutrisi. Dengan pengendalian gulma yang tepat dan hemat menggunakan Ally Plus, tanaman padi dapat tumbuh dengan optimal dan menghasilkan keuntungan yang lebih baik.

Baca Juga : Daftar Insektisida Sistemik Terbaik Untuk Padi

Kelebihan lain dari penggunaan DuPont Ally Plus adalah kepraktisan dan efisiensinya. Herbisa ini dapat digunakan pada fase pra tumbuh dan purna tumbuh gulma, serta dapat digunakan dengan penyemprotan atau penaburan bersama pupuk, sehingga mengurangi biaya aplikasi yang diperlukan.

Dalam hal kualitas tanaman, Ally Plus juga tidak menimbulkan kuning pada daun padi setelah aplikasi, sebaliknya, ia justru membantu meningkatkan produktivitas tanaman padi secara keseluruhan. Dengan semua keunggulan ini, Ally Plus dapat dianggap sebagai herbisida terbaik untuk mengatasi masalah gulma pada tanaman padi.

Baca Juga : Dosis Plenum untuk Padi dan Cabai

Herbisida Ti Gold

Ti-Gold 10 WP adalah herbisida pra tumbuh yang memiliki sifat sistemik dan bentuknya berupa tepung putih yang menarik, dengan kemampuan untuk diaduk dalam air guna mengendalikan gulma berdaun lebar seperti gunda dan teki pada tanaman padi sawah.

Bahan aktif yang digunakan adalah Pyrazosulfuron-ethyl (PSE).
Ti-Gold 10 WP hadir dalam formulasi Wettable Powder (WP) yang praktis.

Baca Juga : Waktu Aplikasi Amistartop untuk Padi

Mekanisme kerjanya sangat efektif, di mana Ti-Gold 10 WP diserap oleh akar dan daun gulma, kemudian bergerak ke meristem tanaman tersebut. Proses ini menghentikan pembelahan sel gulma dan menyebabkannya mati. Dalam waktu 1-2 minggu setelah aplikasi, gulma dapat sepenuhnya tereliminasi.

Waktu aplikasi yang direkomendasikan adalah 0-5 hari setelah tanam, ketika gulma belum tumbuh, dengan kondisi air yang tergenang. Saluran air perlu ditutup selama 3-5 hari setelah aplikasi. Setelah 3-5 hari, sawah dapat dialiri hingga kedalaman 3-5 cm, semakin lama penggenangan, semakin baik. Perlu diingat bahwa bahan aktifnya akan tersebar merata.

Untuk dosis yang tepat, disarankan menggunakan 100-200 gr/ha (4-8 bungkus). Dalam penggunaan per tangki air berukuran 17 liter, gunakan 25 gr herbisida. Aplikasikan secara merata pada permukaan tanah atau campurkan dengan pupuk dan taburkan.

Baca Juga : Manfaat GibGro 10 SP untuk Tanaman Padi

Ti-Gold 10 WP efektif dalam mengendalikan gulma berdaun lebar, termasuk teki, dan merupakan pilihan yang baik untuk melindungi tanaman padi sawah Anda.

Herbisida Indamin

INDAMIN 865 SL adalah produk herbisida yang sangat efektif.

Komposisi kandungan utamanya adalah 2,4-D dimetil amina (2,4-D dimethyl ammonium) sebanyak 865 g/l atau setara dengan 720 g/l 2,4-D (aktif setara 2,4-D).

Indamin merupakan herbisida sistemik purna tumbuh yang berbentuk larutan berwarna kuning bening. Larutan ini sangat mudah larut dalam air.

Produk ini direkomendasikan untuk mengendalikan berbagai jenis gulma pada tanaman padi. Beberapa contoh gulma yang dapat dikendalikan adalah Gratiola juncea, Jussiaea repens, Limnocharis flava, Monochoria vaginalis, dan Sphenochlea zeylanica. Untuk gulma berdaun sempit seperti Echinochloa colonum, disarankan menggunakan penyemprotan dengan volume tinggi sebanyak 1-2 l/ha.

Baca Juga : Manfaat Amistartop untuk Padi

Herbisida Recistar Xtra

Herbisida inovatif yang memiliki sifat sistemik purna tumbuh hadir dalam bentuk larutan minyak berwarna putih keabu-abuan. Produk ini telah dirancang khusus untuk memberantas gulma yang tumbuh di pertanaman padi.

Keunggulan Ekstra

Tidak diperlukan campuran dengan herbisida lain

Kehebatan Ekstra

Secara efektif mengendalikan gulma jenis rumput-rumputan
Mampu mengatasi dengan baik gulma golongan teki-tekian
Efektif mengatasi gulma berdaun lebar

Baca Juga : Fungisida Penguat Batang Padi

Herbisida Topshot

Topshot adalah herbisida sistemik yang selektif, mampu mengeliminasi gulma yang tumbuh di dalam tanaman padi tanpa mengganggu pertumbuhan padi itu sendiri. Dengan demikian, penggunaan Topshot dapat mengurangi biaya produksi tanaman karena kesulitan dan biaya tinggi yang terkait dengan tenaga kerja saat ini. Inovasi ini menawarkan solusi yang efektif. Satu botol Topshot berisi 250 ml dapat digunakan untuk menyemprotkan 14 liter larutan herbisida dalam 8 tangki.

Herbisida Tabas

Tabas, herbisida sistemik yang selektif, berfungsi efektif dalam menghilangkan gulma di tanaman padi tanpa menimbulkan efek samping pada pertumbuhan tanaman itu sendiri. Penggunaannya membantu mengurangi biaya produksi karena kesulitan dan kenaikan harga tenaga kerja. Dalam satu botol Tabas berukuran 200 ml, Anda dapat menggunakannya untuk sekitar 10 tangki semprot dengan total 14 liter. Solusi yang praktis dan efisien ini dapat Anda andalkan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kelemahan Padi M70D

Herbisida Nomine

Inilah keajaiban produk herbisida selektif dan sistemik purna tumbuh, hadir dalam bentuk pekatan putih yang memukau, yang akan menghancurkan gulma-gulma berbahaya pada tanaman padi.

Manfaat Produk:

Herbisida khusus yang mampu mengatasi tanaman gulma yang tumbuh pada lahan persawahan padi.

Keunggulan Produk:

Herbisida selektif yang luar biasa efektif dalam merawat tanaman padi sawah.

Baca Juga : Dosis Virtako Per Tangki Untuk Tanaman Padi

Petunjuk Penggunaan:

  • Untuk gulma berdaun lebar Monochoria vaginalis pada padi sawah, gunakan dosis 250 ml/ha.
  • Untuk gulma berdaun sempit Echinochloa crusgalli pada padi sawah, gunakan dosis 250 ml/ha.
  • Untuk gulma berdaun lebar Limnocharis flava pada padi sawah, gunakan dosis 250 ml/ha.
  • Untuk gulma berdaun sempit Echinochloa colonum pada padi sawah, gunakan dosis 250 ml/ha.
  • Untuk teki Cyperus difformis pada padi sawah, gunakan dosis 250 ml/ha.
  • Untuk gulma berdaun sempit Leptochloa sinensis pada padi sawah, gunakan dosis 250 ml/ha.

Baca Juga : Insektisida Yang Ampuh Untuk Penggerek Batang Padi

Demikianlah informasi mengenai herbisida terbaik untuk padi untuk pertumbuhan padi yang dapat Anda eksplorasi guna mengatasi permasalahan gulma atau rumput liar yang tumbuh di ladang Anda. Semoga informasi ini membantu dan terima kasih atas perhatiannya.

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Ayomenanam - Berikut ini yang bukan merupakan hak oktroi VOC adalah a. mengedarkan mata uang b. mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat c. mengangkat gubernur jenderal d. memiliki tentara e. mengumumkan perang Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. mengangkat gubernur jenderal