Gigi Sementara Atau Gigi Yang Bisa Lepas Secara Alami Disebut

Gigi Sementara Atau Gigi Yang Bisa Lepas Secara Alami Disebut

Gigi sementara atau gigi yang bisa lepas secara alami disebut – banyak yang belum mengetahui jawaban dari pertanyaan gigi sementara atau gigi yang bisa lepas secara alami disebut ? Nah, dibawah ini adalah jawaban dan pembahasan mengenai pertanyaan tersebut, silahkan di baca.

Gigi sementara atau gigi yang bisa lepas secara alami disebut gigi susu

Baca Juga : Ibu Ke Dokter Saat Sakit Ibu Ke Dokter Termasuk Kebutuhan

Pembahasan

Gigi susu bukanlah gigi yang permanen. Gigi susu adalah gigi ‘sementara’ yang muncul saat masa kanak-kanak dan nanti akan tergantikan oleh gigi dewasa. Pada umumnya, seorang anak memiliki dua puluh gigi susu yaitu delapan seri, empat taring, dan delapan geraham. Pertumbuhan gigi susu berlangsung secara bergantian, dan seringkali gigi seri bagian bawah muncul pertama kali.

Baca Juga : Peristiwa Difusi Terjadi Pada Hal-Hal Berikut Kecuali

Tahapan Unik Perkembangan Gigi Susu

  • Periode Bantalan Gusi: Dari lahir hingga sekitar 6-7 bulan.
  • Periode Gigi Desidui: Sekitar usia 6-7 bulan hingga sekitar 3 tahun. Gigi pertama muncul pada bayi, meskipun setiap anak punya waktu tumbuh yang berbeda.
  • Periode Gigi Bercampur: Usia sekitar 5-6 tahun. Gigi tetap akan mendorong dan menggantikan gigi susu.

Usia di mana gigi susu pertama lepas memiliki waktu yang berbeda untuk tiap anak. Namun, pada umumnya itu terjadi pada usia sekitar 5-6 tahun.

Baca Juga : Sumber Daya Alam Yang Bermanfaat Untuk Mendukung Industri Penerbangan Adalah

Perbedaan Gigi Tetap dan Gigi Susu

Perbedaan yang mencolok antara gigi tetap dan gigi susu terletak pada jumlahnya. Orang dewasa memiliki lebih banyak gigi tetap daripada gigi susu saat mereka masih anak-anak. Selain itu, bentuk dan struktur giginya juga berbeda seperti dengan gigi susu memiliki akar lebih pendek.

Gigi susu akan lepas satu per satu. Orang dewasa memiliki lebih banyak gigi tetap, biasanya 32 gigi, dengan gigi bungsu sebagai pengecualian.

Baca Juga : Pernyataan Berikut Yang Tidak Benar Mengenai Komponen Kimiawi Sel Adalah

Kesimpulan

Gigi sementara atau gigi yang bisa lepas secara alami disebut gigi susu. Dengan memahami tahapan perkembangan gigi susu anak, perbedaan dengan gigi tetap, dan gigi susu akan terlihat cukup jelas  Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Setelah Koma Huruf Besar Atau Kecil

Setelah Koma Huruf Besar Atau Kecil

Setelah Koma Huruf Besar Atau Kecil - Menulis dengan benar memang bisa menjadi hal yang membingungkan, terutama ketika kita berurusan dengan tanda koma. Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul adalah, setelah tanda koma, huruf yang digunakan harus besar atau kecil? Mari kita kupas tuntas aturan-aturannya.