Dosis Filia Untuk Padi

Dosis Filia Untuk Padi – Banyak petani yang menggunakan Filia sebagai fungsida untuk padi namun kurang efektif. Hal ini disebabkan kurangnya informasi mengenai dosis yang digunakan sehingga kurang efektif dalam memberantas jamur yang ada di padi.

Dosis yang tidak tepat akan menjadikan kurangnya efisiensi dan juga bisa menyebabkan beban biaya menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, kamu harus tahu dosis Filia untuk padi yang tepat sepertia apa. Untuk lebih jelasnya simak artikel di bawah ini ya.

Baca Juga : Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Apa Itu Fungisida Filia ?

Filia masuk dalam golongan fungisida generasi baru, karena fungisida Filia adalah fungisida yang bersifat melindungi penyakit Blas (Pyricularia Oryzae) yang biasa terjadi pada tanaman padi.

Filia mengandung kombonasi dari 2 zat aktif yaitu Propikonazol dan Trisiklazol yang telah mendapatkan formulasi yang akurat. Selain penyakit Blas Filia juga bisa digunakan untuk mengatasi jamur Ustilago, Hawar Pelepah, dan dirty Panicle yang ada pada bulir-bulir padi.

Manfaat Fungisida Filia

Selain bermanfaat sebagai pengendali hama pada tanaman padi, Filia juga bisa digunakan untuk membantu proses penguatan batang padi, memperbaiki penampilan daun serta meningkatkan kualitas hasil panen secara signifikan.

Harga Filia juga masuk dalam kategori ekonomis dan juga hemat. Rekomendasi terbaik ketika kamu akan menggunakan Filia untuk padi adalah ketika tanaman padi memasuki umur 20, 30, 40 dan 60 HST (Hari Setelah Tanam).

Baca Juga : Fungsi Antracol Untuk Padi

Dosis Fungisida Filia Untuk Padi

Dosis Filia yang bisa digunakan sebagai fungisida ialah harus sesuai dengan yang telah ditentukan oleh PT Sygenta yang memproduksi fungisida ini. Dosis fungisida Filia bisa kamu lihat di bagian belakang kemasannya.

Untuk mencegah penyakit Blas pada tanaman padi kamu bisa menggunakan Filia sekitar 1-1,5 ml/liter air. Sehingga bisa dikatakan dosis Filia per tangki 14 liter air yaitu 14 ml cairan Filia dalam skala normal.

Untuk menggunakan Filia dalam penyemprotan bervolume tinggi kamu bisa memakai dosis Filia untuk padi sebanyak 1,5 ml/liter air. Apabila kamu memakai tangki 14 liter maka dosis Filia per tangki dalam penyemprotan volume tinggi ialah 21 ml/tangki.

Baca Juga : Manfaat Insektisida Demolish

Jika kamu menggunakan perhitungan seperti di atas maka kamu sudah menggunakan dosis Filia secara tepat, sehingga padi bisa terhindar dari penyakit Blas yang akan mengganggu pertumbuhan dari tanaman padi.

Demikian pembahasan mengenai dosis Filia untuk padi semoga bermanfaat!

About Ayomenanam

Check Also

Perbedaan Loyant dan Novlect

Perbedaan Loyant dan Novlect

Perbedaan Loyant dan Novlect - Gulma merupakah tumbuhan yang tak diinginkan oleh petani. Gulma menjadi pesaing serius bagi tanaman utama seperti padi. Dalam konteks budidaya padi, gulma terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu rumput, berdaun lebar, dan teki.