Diantara Tanaman Berikut Yang Banyak Ditemukan Di Pulau Jawa Adalah

Diantara Tanaman Berikut Yang Banyak Ditemukan Di Pulau Jawa Adalah

Ayomenanam – Diantara Tanaman Berikut Yang Banyak Ditemukan Di Pulau Jawa Adalah

a. jati

b. kruing

c. matoa

d. angsana

e. kaktus

Jawabannya  A. Jati

Baca Juga : Berapa Lama Waktu Dibutuhkan Sebelum Tanaman Cangkok Dipisahkan Dari Induknya

Pembahasan

Pulau Jawa menjadi salah satu surganya keanekaragaman hayati, memiliki beragam tanaman yang menjadi kebanggaan. Dari daun lebat hingga pohon tinggi, mari kita telusuri beberapa tanaman unggulan yang melimpah dari pilihan diatas.

1. Jati

Pohon jati (Tectona grandis) banyak ditemukan di pulau Jawa. Dengan kayu yang kokoh dan serat yang tahan lama, jati sering digunakan dalam industri furnitur dan konstruksi. Keberadaannya yang melimpah tidak hanya menunjukkan kekayaan alam, tetapi juga memberikan dampak ekonomi yang positif.

Baca Juga : Bagaimana Kualitas Air Yang Dapat Digunakan Untuk Menyiram Tanaman ? Berikut Jawabannya

2. Kruing

Kruing (Dipterocarpus spp.) juga hadir di Pulau Jawa, meskipun tidak sebanyak di Sumatra, Bali, Kalimantan, Lombok, dan Sumbawa. Kayu kruing dikenal karena kekokohannya dan sering digunakan dalam proyek konstruksi yang membutuhkan daya tahan ekstra. Ini adalah contoh nyata bagaimana flora Indonesia memberikan manfaat lintas pulau.

3. Matoa

Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman yang mempercantik pulau-pulau dari Sulawesi hingga Papua. Keanekaragaman hayati Indonesia tercermin dalam penyebaran matoa yang luas. Kayu ringan dan serat yang halus membuatnya digunakan dalam berbagai keperluan, dari konstruksi hingga kerajinan tangan.

Baca Juga : Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Adalah

4. Angsana

Angsana (Pterocarpus indicus) tidak hanya terbatas di satu pulau, namun keberadaannya tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Dikenal dengan kayu berwarna merah dan kekerasannya, angsana sering digunakan dalam industri kayu dan memiliki nilai ekonomi yang signifikan.

5. Kaktus

Kaktus bukanlah tanaman asli Indonesia. Namun, meskipun kaktus bukan tanaman asli Indonesia, akan tetapi kaktus telah diintroduksi di beberapa wilayah dengan iklim kering dan hangat. Tanaman kaktus Berasal dari Benua Amerika, kaktus memberikan nuansa eksotis di beberapa bagian Indonesia. Meskipun bukan pohon khas, kehadirannya menambah keragaman tanaman di berbagai ekosistem.

Baca Juga : Aglaonema Termasuk Jenis Tanaman Hias Apa ? Berikut Jawabannya

Kesimpulan

Dari jati yang kokoh hingga eksotisme matoa, Pulau Jawa menjadi rumah bagi sejumlah tanaman yang mencerminkan keberagaman Indonesia. Melalui pemahaman ini, kita dapat mengapresiasi kekayaan alam yang dimiliki dan bagaimana tanaman-tanaman ini memberikan kontribusi positif dalam berbagai aspek kehidupan kita. Nah, jadi diantara tanaman berikut yang banyak ditemukan di pulau Jawa adalah Jati. Semoga informasi ini bermanfaat

About Ayomenanam

Check Also

Setelah Koma Huruf Besar Atau Kecil

Setelah Koma Huruf Besar Atau Kecil

Setelah Koma Huruf Besar Atau Kecil - Menulis dengan benar memang bisa menjadi hal yang membingungkan, terutama ketika kita berurusan dengan tanda koma. Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul adalah, setelah tanda koma, huruf yang digunakan harus besar atau kecil? Mari kita kupas tuntas aturan-aturannya.