Ciri Ciri Bunga Telang

ciri ciri bunga telang

Ciri Ciri Bunga Telang – Bunga telang, yang juga dikenal dengan sebutan clitoria ternatea, adalah tanaman merambat yang kerap menghiasi kebun dan tumbuh secara alami di berbagai penjuru dunia. Bunga telang mempesona dengan tiga warna yang berbeda, yaitu biru, putih, dan ungu, menciptakan keindahan yang tak terbantahkan.

Asal usul tanaman yang memikat ini dapat ditemukan di wilayah Asia tropis, tetapi kini telah menjalar ke berbagai daerah tropis di seluruh dunia. Keindahannya tidak hanya dikenal di Asia tropis, melainkan juga di Amerika Serikat, Australia, serta benua Afrika. Keberadaannya yang meluas menjadikannya semakin menarik untuk dieksplorasi.

Baca Juga : Cara Tanam Seledri di Polybag

Ciri ciri Bunga Telang

  • Pertumbuhan yang Cepat: Bunga telang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, bisa mencapai tinggi antara 6 hingga 10 kaki (sekitar 182 hingga 304 cm).
  • Daun Elegan: Ketika sudah dewasa, tanaman bunga telang memiliki daun berbentuk elips dengan panjang sekitar 1 hingga 2 inci (sekitar 2 hingga 5 cm), sementara batangnya bisa mencapai ketinggian 1 hingga 9 kaki (sekitar 30 hingga 274 cm).
  • Bunga Memikat: Bunga-bunga yang indah ini dapat tumbuh hingga sekitar 1 hingga 3 inci (sekitar 2 hingga 7 cm).
  • Waktu Berbunga: Anda dapat menikmati mekarnya bunga telang di awal musim semi, baik pada awal maupun akhir musim panas, serta di awal musim gugur. Saat mekar, bunga telang akan menghadap bawah pada pagi hari.
  • Tidak Beraroma Khusus: Bunga telang memiliki karakteristik uniknya, yaitu tidak memiliki aroma atau rasa yang khas.
  • Kebutuhan Air: Tanaman ini tumbuh paling baik di daerah yang menerima curah hujan musim panas sekitar 12 inci (sekitar 30 cm) setiap tahunnya.

Baca Juga : Fungsi Kalium Untuk Tanaman

Cara Menanam Bunga Telang

Untuk menanam bunga telang (Clitoria ternatea) yang sehat, tanaman ini membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup. Meskipun demikian, tanaman ini juga dapat tumbuh subur dalam kondisi minim cahaya, seperti naungan parsial. Bunga telang juga mampu bertahan dalam iklim yang sejuk dan lembab hingga tingkat tertentu, asalkan terhindar dari embun beku.

Untuk menjaga kesehatan tanaman ini, perlu dilakukan penyiraman secara teratur agar dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan dari tanah. Bunga telang lebih menyukai tanah yang kaya akan nutrisi dan berpasir, dengan pH antara 6,6 hingga 7,5. Untuk hasil terbaik, penting untuk memastikan bahwa tanah memiliki sistem drainase yang baik dan mengandung kompos serta bahan organik.

Baca Juga : Jenis Bunga Beras Tumpah dan Cara Perawatannya

Adapun beberapa tips merawat tanaman bunga telang:

  • Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Rajin memberikan pupuk secara berkala untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.
  • Jangan lupa memetik bunga, karena tindakan ini dapat merangsang bunga telang agar terus berbunga.

Baca Juga : Manfaat Kembang Korejat

Selain keindahannya, bunga telang juga memiliki manfaat kesehatan yang menarik. Ini termasuk meningkatkan daya ingat, mengatasi gangguan kecemasan, meredakan depresi, memiliki kandungan antioksidan, mampu menyembuhkan luka, mengurangi peradangan, mendukung kesehatan jantung, berpotensi mengatasi gejala diabetes, dan membantu mengatasi asma.

Demikianlah informasi mengenai Ciri Ciri Bunga Telang. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Ayomenanam - Berikut ini yang bukan merupakan hak oktroi VOC adalah a. mengedarkan mata uang b. mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat c. mengangkat gubernur jenderal d. memiliki tentara e. mengumumkan perang Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. mengangkat gubernur jenderal