Cara Membuat EM4 Dari Nasi

Cara Membuat EM4 Dari Nasi

Cara Membuat EM4 Dari Nasi – Terinspirasi oleh berbagai inovasi, ada berbagai cara menarik untuk menciptakan EM4. Beberapa di antaranya adalah menggunakan sisa-sisa sayuran yang tak terpakai, mengandalkan ragi tapai yang kaya nutrisi, memanfaatkan air cucian beras yang terbuang, atau bahkan mengubah nasi basi menjadi bahan dasar EM4.

Namun, pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan metode terbaik untuk menghasilkan EM4, yaitu dengan memanfaatkan nasi basi secara kreatif dan mengikuti langkah-langkah yang mudah.

Baca Juga : Dosis Gandasil D Per Tangki

Mungkin masih banyak yang belum mengenal betul EM4, apakah mereka tahu apa manfaatnya dan bagaimana cara membuatnya?

Perlu dicatat, EM4 adalah pupuk organik (kompos) yang memiliki keunggulan dalam proses pembuatannya yang lebih efisien dibandingkan dengan metode tradisional.

Baca Juga : Dosis Gandasil B Per Tangki

EM4, juga dikenal sebagai Effective Microorganisms 4, mengandung berbagai jenis mikroorganisme yang efektif, termasuk Azotobacter sp., Lactobacillus sp., ragi, bakteri fotosintetik, dan jamur pengurai selulosa.

Pembuatan EM4 dari nasi sangatlah sederhana, hanya dengan menggunakan bahan baku yang tersedia secara mudah dan terjangkau.

Baca Juga : Fungsi dan Kegunaan Gandasil B Untuk Tanaman

Daftar Bahan Untuk Membuat EM4 Dari Nasi

Inilah daftar bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat EM4 dari nasi :

  • Nasi basi
  • Air mineral segar
  • Gula pasir berkualitas tinggi
  • 4 Botol air mineral ukuran 1,5 L untuk keperluan proses.

Baca Juga : 7 Merk Fungisida Mirip Amistartop dengan Kualitas Terbaik

Cara Membuat EM4 Dari Nasi

Langkah 1: Masukkan nasi basi ke dalam botol air mineral berukuran 1,5L. Mengapa memilih nasi basi? Karena nasi basi mengandung lebih banyak mikroba atau bakteri yang berguna sebagai pupuk.

Sebenarnya, penggunaan nasi segar juga bisa dilakukan, tetapi proses fermentasinya akan memakan waktu yang lebih lama.

Langkah 2: Tambahkan 1 Liter air ke dalam botol air mineral yang telah diisi dengan nasi basi.

Baca Juga : Manfaat dan Kandungan Pupuk KNO3 Putih

Langkah 3: Selanjutnya, tambahkan 5 sendok gula pasir. Hal ini berfungsi sebagai makanan bagi bakteri yang terdapat dalam larutan tersebut.

Langkah 4: Setelah menyelesaikan 3 langkah di atas, biarkan selama 7 hari hingga cairan tersebut menghasilkan aroma tapai yang khas.

Baca Juga : Jenis Pupuk Growmore dan Kegunaannya

Perhatian: Untuk menggantikan penggunaan nasi basi dalam pembuatan EM4, kita dapat mengandalkan bahan-bahan alternatif yang menarik, seperti kulit pisang yang telah matang, pisang yang sudah overripe, nanas yang telah matang, batang pisang muda, dan banyak lagi.

Itulah Cara Membuat EM4 Dari Nasi. Semoga Anda Menemukan Manfaatnya. Terima kasih.

About Ayomenanam

Check Also

Jarak Pemberian Dolomit Dengan Pupuk Lain

Jarak Pemberian Dolomit Dengan Pupuk Lain

Jarak Pemberian Dolomit Dengan Pupuk Lain - Pemupukan tanaman menggunakan pupuk kimia atau organik adalah hal yang umum. Kebutuhan nutrisi tanaman sebagian besar dipenuhi oleh pupuk. Oleh karena itu, tidak mengherankan melihat petani memupuk tanaman yang mereka budidayakan. Namun, untuk meningkatkan produktivitas tanaman, ada metode tambahan yang berkembang, yaitu dengan menambahkan kapur dolomit pada tanaman. Apa sebenarnya kapur dolomit? Dolomit adalah jenis kapur yang mengandung nutrisi mirip Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg), yang sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah. Banyak petani telah mencoba menambahkan kapur dolomit pada lahan pertanian dan perkebunan mereka. Namun, seringkali terjadi kebingungan terkait dosis dan jarak waktu antara pemberian kapur dolomit dan pemupukan.