Benih Cabe Keriting Unggul Tahan Penyakit

Benih Cabe Keriting Unggul Tahan Penyakit

Benih Cabe Keriting Unggul Tahan Penyakit – Budidaya tanaman cabe selalu memiliki tempat istimewa di hati para petani Indonesia karena menjanjikan keuntungan fantastis. Namun, kita semua tahu bahwa budidaya tanaman cabe termasuk yang kompleks karena berbagai penyakit yang dapat menyerangnya.

Dua jenis penyakit yang sangat mengganggu petani cabe adalah patek (antraknosa) dan daun keriting (virus gemini dan mozaik). Patek umumnya muncul di musim hujan, sementara penyakit daun keriting dan bulai menyebar cepat di musim kemarau. Hal ini tentu menghambat budidaya tanaman cabe sepanjang tahun.

Baca Juga : Varietas Cabai Rawit Tahan Antraknosa

Petani menjadi lebih boros dan sering menggunakan pestisida, yang menyebabkan kerugian yang lebih besar. Namun, berkat kemajuan teknologi, sekarang ada beberapa benih cabe tahan penyakit yang dapat diandalkan oleh petani untuk mengoptimalkan keuntungan mereka. Sebagian besar petani mungkin sudah mengenal benih cabe fenomenal bernama TM999, yang mampu menghasilkan produksi buah cabe yang tinggi secara konsisten. Namun, ternyata TM999 kurang tahan terhadap penyakit.

Untuk membantu memilih benih cabe unggulan yang tahan penyakit, kami telah menyusun daftar berikut ini:

Baca Juga : Manfaat Pupuk Kalsium Untuk Cabe

Benih Cabe Red Kriss (Tahan Antraknosa)

Benih cabe Red Kriss, impor dari Jepang, terbukti mampu bertahan dengan baik dari antraknosa saat ditanam di musim hujan. Keunggulan jenis cabe ini diperoleh melalui rekayasa genetik dan persilangan tanaman cabe yang dilakukan selama waktu yang lama, menghasilkan bibit cabe unggul yang tahan terhadap antraknosa. Jadi, jika Anda berencana menanam cabe di awal musim hujan, disarankan untuk menggunakan benih cabe Red Kriss yang tahan terhadap antraknosa dan menghasilkan buah dengan tingkat produksi tinggi.

Benih Cabe Columbus

Salah satu produsen benih Indonesia telah meluncurkan benih cabe Columbus, yang tahan terhadap virus gemini dan CMV yang menjadi penyebab penyakit keriting bulai di musim kemarau. Semua petani cabe tahu bahwa penyakit ini merupakan kendala utama dalam budidaya cabe di musim kemarau, yang mengakibatkan penggunaan pestisida yang tinggi. Benih cabe Columbus tidak hanya tahan terhadap virus, tetapi juga tahan terhadap layu bakteri dan menghasilkan buah cabe besar dengan berat lebih dari 2 kg per pohon. Jadi, jika Anda menanam cabe Columbus di awal musim kemarau, selain dapat menghemat penggunaan pestisida, Anda juga akan mendapatkan hasil panen cabe yang melimpah.

Baca Juga : Agar Daun Bawang Merah Tegak

Benih Cabe TM THUNDER 99

Jika sebelumnya ada TM999, sekarang hadir TM THUNDER 99, yang tidak hanya memiliki produktivitas tinggi, tetapi juga tahan terhadap berbagai penyakit. TM THUNDER 99 ini secara menakjubkan toleran terhadap antraknosa dan virus gemini secara bersama. Meskipun tidak seproduktif seperti TM999, namun TM THUNDER 99 tetap tergolong produktif untuk jenis cabe keriting. Jadi, jika Anda mencari benih cabe terbaik yang tahan penyakit, kami merekomendasikan TM THUNDER 99.

Benih Cabe Rawit Shypoon

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi benih cabe rawit tahan penyakit. Petani sudah mengetahui bahwa tanaman cabe rawit rentan terhadap penyakit patek (antraknosa) saat musim hujan. Untuk mengatasi hal tersebut, kami merekomendasikan benih cabe rawit Shypoon yang tahan terhadap antraknosa.

Baca Juga : Jarak Tanam Pare

Keunggulan benih cabe Shypoon tidak hanya terletak pada ketahanan terhadap antraknosa, tetapi juga pada produktivitasnya yang sangat tinggi. Buah cabe Shypoon terbentuk dalam rangkaian pada setiap cabang dan dapat menghasilkan 5-12 buah sekaligus. Jadi, jika Anda mencari benih cabe rawit terbaik yang tahan terhadap virus, kami merekomendasikan Shypoon.

Benih Cabe Sonar

Kini, kita beralih ke benih unggulan cabe lalap, yaitu cabe hijau. Cabe hijau secara alami tahan terhadap antraknosa. Namun, produsen benih juga berupaya meningkatkan ketahanannya dengan menciptakan benih cabe rawit hijau yang toleran terhadap virus, antraknosa, dan layu bakteri. Selain itu, cabe rawit Sonar juga memiliki produktivitas yang tinggi.

Baca Juga : Jarak Tanam Cabe Rawit Tanpa Mulsa

Saat ini, jarang ada petani yang membudidayakan cabe hijau karena ukurannya yang kecil dan harganya yang lebih murah dibandingkan cabe rawit putih. Namun, terkadang hal ini membuat harga cabe hijau melambung di atas harga cabe rawit putih. Jadi, jika Anda ingin menanam cabe hijau, kami merekomendasikan benih cabe Sonar.

Benih Cabe Iggo

Jika kebanyakan benih cabe tahan virus adalah jenis cabe lado (besar), kini telah hadir cabe keriting Iggo yang toleran terhadap virus gemini. Cabe TM ini memiliki masa panen yang cepat, yaitu bisa dipanen mulai dari umur 70 hari. Cabe Iggo memiliki pertumbuhan yang seragam dan banyak percabangannya. Jadi, jika Anda ingin menanam cabe keriting di musim kemarau, kami sarankan mencoba Iggo.

Benih Cabe Lotanbar

Terakhir, rajanya benih cabe tahan penyakit dan virus adalah cabe Lotanbar. Cabe ini merupakan varietas asli dari daerah Payakumbuh, Sumatera Barat. Cabe Sumatera Barat terkenal akan ketahanannya terhadap virus bulai dan antraknosa sejak dulu. Selain itu, cabe Lotanbar memiliki produktivitas yang sangat tinggi.

Baca Juga : Antraknosa Pada Bawang Merah

Cabe ini mampu menghasilkan 2 cabai dalam satu cabang dan dapat dipanen hingga 50 kali. Cocok ditanam baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, baik saat musim kemarau maupun musim hujan. Benar-benar juara dalam hal ketahanan terhadap penyakit cabe di Indonesia. Jadi, jika Anda mencari benih cabe terbaik yang tahan penyakit dan virus, kami merekomendasikan cabe Lotanbar.

Demikianlah Benih Cabe Keriting Unggul Tahan Penyakit yang kami rekomendasikan untuk Anda. Meskipun benih ini memiliki ketahanan terhadap penyakit, tetap diperlukan dukungan pestisida secara rutin untuk mengatasi gejala penyakit yang muncul, terutama saat serangan penyakit menjadi kuat dan endemik.

Baca Juga : Benih Jagung Hibrida Umur Pendek

Dengan menggunakan benih cabe unggulan yang tahan penyakit, petani akan dapat mengoptimalkan budidaya cabe mereka dan mengurangi kerugian yang disebabkan oleh serangan penyakit. Selain itu, dengan produksi buah cabe yang tinggi, petani juga akan mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Kami harap daftar ini membantu Anda dalam memilih benih cabe terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga budidaya tanaman cabe Anda sukses dan memberikan keuntungan yang fantastis. Selamat mencoba dan terima kasih telah membaca!

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Ayomenanam - Berikut ini yang bukan merupakan hak oktroi VOC adalah a. mengedarkan mata uang b. mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat c. mengangkat gubernur jenderal d. memiliki tentara e. mengumumkan perang Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. mengangkat gubernur jenderal