Bawang Merah Berkembang Biak Dengan Cara ? Berikut Jawabannya

Bawang Merah Berkembang Biak Dengan Cara

Bawang Merah Berkembang Biak Dengan Cara – Bawang Merah adalah bahan makanan yang tidak bisa dipisahkan dari hidup sehari-hari kita. Meski begitu, tahukah anda bawang merah berkembang biak dengan cara apa ? Berikut jawabannya di bawah ini!

Bawang merah berkembang biak dengan cara membentuk umbi lapis

Baca Juga : Lengkuas Berkembang Biak Dengan Cara ? Berikut Jawabannya

Pembahasan

Dalam proses perbanyakan aseksualnya, bawang merah mengandalkan pembentukan umbi lapis. Menurut sumber dari Lets Talk Science, perbanyakan aseksual ini hanya membutuhkan DNA dari satu orang tua, menghasilkan keturunan yang identik secara genetik. Proses ini sangat menarik karena tidak melibatkan pembuahan seperti pada umumnya. Sehingga keturunan bawang merah terbentuk secara vegetatif alami.

Selain itu, berdasarkan penelitian dari Encyclopedia Britannica, basis daun konsentris atau pelepah daun bawang merah membengkak dan membentuk umbi di bawah tanah. Pelepah daun ini teratur tersusun rapat, membentuk struktur yang berlapis-lapis dan dikenal sebagai umbi lapis.

Baca Juga : Tumbuhan Kunyit Temulawak Lengkuas dan Jahe Berkembang Biak Dengan

Menurut Ashford Church of England Primary School, pembengkakan umbi dikarenakan umbi sejatinya merupakan daun berdaging yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan. Umbi lapis kemudian mengembangkan anak umbi di luar tubuhnya. Setiap anak umbi ini kemudian akan tumbuh dan mengembangkan akar serta pucuknya sendiri.

Makanan yang tersimpan di dalam umbi menjadi sumber energi utama untuk perkembangan tunas baru. Tunas umbi ini kemudian tumbuh menjadi batang dan akhirnya menjadi tumbuhan bawang merah yang baru. Uniknya, karena anak umbi melekat pada umbi lapis induknya, tumbuhan bawang merah yang baru akan tumbuh berdekatan sehingga membentuk apa yang kita kenal sebagai rumpun.

Baca Juga : Pemilihan Lahan Budidaya Tanaman Sayuran Hendaknya Memenuhi Kriteria

Dengan memahami rahasia perbanyakan bawang merah, kita dapat lebih menghargai keunikannya dalam menghasilkan keturunan secara aseksual. Proses ini tidak hanya menarik dari segi ilmiah, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang keajaiban reproduksi tumbuhan.

Jadi, saat Anda menikmati bawang merah dalam masakan sehari-hari, ingatlah betapa menariknya perjalanan kehidupan dari umbi hingga menjadi tanaman dewasa yang siap panen.

Baca Juga : Mata Tunas Pada Tanaman Cocor Bebek Akan Muncul Di Bagian

Itulah informasi mengenai Bawang Merah Berkembang Biak Dengan Cara. Semoga informasi ini bermafnaat.

About Ayomenanam

Check Also

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun

Penulisan Dimanapun - Bahasa Indonesia adalah kekayaan budaya yang memiliki aturan ketat dalam penulisan, termasuk penggunaan partikel yang sering membingungkan, seperti 'dimanapun', 'dimana pun', atau 'di mana pun'. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan seksama aturan penulisan yang benar dan menghilangkan kebingungan seputar kata-kata ini.