Agar Malai Padi Serempak

Agar Malai Padi Serempak

Agar Malai Padi Serempak – Obat Stimulus buah padi yang bagus merupakan kunci penting dalam peningkatan hasil pertanian padi. Obat ini memiliki peran yang tak tergantikan dalam memastikan bulir-bulir padi berkualitas dan mempercepat proses panen. Lebih dari itu, penggunaan obat stimulan buah padi yang berkualitas juga dapat memperpanjang malai dan memastikan kepadatan isi. Dampak positifnya terlihat pada gabah yang dihasilkan, yang menjadi lebih berat dan berisi (bernas).

Sebagai informasi tambahan, agar tanaman padi Anda mampu menghasilkan malai panjang dengan bulir-bulir padi yang terisi secara optimal, terdapat dua jenis obat yang diperlukan. Pertama adalah obat bulir padi yang berkualitas, dan yang kedua adalah obat perangsang buah padi yang juga berkualitas.

Baca Juga : Manfaat dan Kandungan Pupuk Kamas

Memperpanjang malai dan pengisian bulir padi yang full

Agar malai padi lebih panjang dan bulir padi terisi penuh, solusi yang efektif adalah menggunakan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh). ZPT dapat digunakan baik saat tanaman padi sedang dalam fase vegetatif maupun fase generatif.

Penerapan ZPT pada tanaman padi saat fase vegetatif atau fase anakan padi akan mendorong pertumbuhan akar, sehingga tanaman padi akan menghasilkan lebih banyak anakan padi dan meningkatkan jumlahnya.

Penggunaan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) saat padi berada pada fase generatif atau masa padi bunting memiliki manfaat yang signifikan. ZPT dapat merangsang pertumbuhan akar dan penyerapan nutrisi dengan lebih cepat, sehingga memperkuat batang tanaman, mencegah kerontokan tanaman, memperpanjang malai, dan meningkatkan isi bulir padi.

Baca Juga : Dekamon VS Atonik

Oleh karena itu, penggunaan ZPT pada tanaman padi sangat direkomendasikan sebagai obat untuk padi yang sedang berada dalam masa bunting, maupun sebagai obat untuk meningkatkan produksi anakan padi.

Anda dapat membeli ZPT di berbagai toko pertanian di sekitar Anda dengan beragam merek dan harga. Beberapa merek ZPT yang banyak digunakan oleh para petani antara lain Bigest 40EC, Gibgro 20TB, Betagib, dan Supergib.

ZPT Bigest 40EC

Bigest 40EC adalah Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) cairan bening yang mempunyai peranan penting dalam mempercepat pertumbuhan tanaman seperti padi, cabai, dan tomat. Dengan kandungan aktif Asam Gibberellat, ZPT ini merupakan solusi ideal bagi para petani yang ingin meningkatkan hasil panen mereka. Dengan harga terjangkau sekitar Rp. 30.000 untuk ukuran 10 ml, obat perangsang bulir padi ini merupakan investasi yang menguntungkan untuk pertumbuhan tanaman yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Membuat EM4 Dari Nasi

ZPT GibGro 20TB

GibGro 20 TB merupakan tablet berwarna kekuning-kuningan, adalah zat pengatur tumbuh tanaman yang mengandung 20% Asam Gibberellat. Obat perangsang buah padi ini memiliki manfaat luar biasa, yaitu meningkatkan jumlah gabah permalai serta hasil gabah perumpun. Harganya terjangkau, hanya sekitar Rp. 35.000 per tablet GibGro 20TB.

ZPT Betagib dan ZPT Supergib

ZPT Betagib dan ZPT SuperGib adalah varian terbaru dari ZPT GibGro yang tersedia dalam bentuk tablet dengan kandungan aktif Gibberallat. Kedua produk ini dapat dikatakan sebagai KW 1 dari ZPT GibGro karena memberikan manfaat yang hampir serupa. Selain itu, harga tablet ZPT Betagib dan ZPT SuperGib ini lebih terjangkau, yaitu sekitar Rp. 20.000.

Baca Juga : Dosis Gandasil D Per Tangki

Menambah bobot padi dengan obat bulir padi

Untuk meningkatkan bobot padi secara efektif, penggunaan fungisida sebagai obat bulir padi sangat dianjurkan. Fungisida memiliki peran penting dalam memerangi jamur atau cendawan yang dapat menyerang tanaman padi pada bagian daun, batang, akar, malai, dan bulir.

Kehadiran jamur pada tubuh tanaman padi dapat menghambat proses fotosintesis, yang pada akhirnya memperlambat pengisian bulir padi. Dampaknya, bulir tidak dapat mencapai kapasitas penuh, dan yang lebih serius lagi, tanaman padi yang terinfeksi jamur akan mengalami penurunan bobot meskipun bulir sudah terisi dengan sempurna

Baca Juga : Dosis Gandasil B Per Tangki

Fungisida dapat digunakan pada kedua fase pertumbuhan tanaman padi, baik itu saat fase anakan atau fase padi bunting. Jika fungisida digunakan pada fase generatif, maka fungisida tersebut akan berfungsi sebagai obat penambah bobot padi.

Demikianlah tulisan mengenai “Agar Malai Padi Serempak”. Jangan ragu untuk membagikan tulisan ini dengan menekan salah satu ikon media sosial yang Anda ikuti, karena kebaikan akan selalu berbuah manis bagi mereka yang suka berbagi. Terima kasih.

About Ayomenanam

Check Also

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Hak Oktroi VOC Adalah

Ayomenanam - Berikut ini yang bukan merupakan hak oktroi VOC adalah a. mengedarkan mata uang b. mengadakan perjanjian dengan penguasa setempat c. mengangkat gubernur jenderal d. memiliki tentara e. mengumumkan perang Jawaban dari pertanyaan di atas adalah c. mengangkat gubernur jenderal